Usaha Kecil Pembuatan Kerupuk Susu

Susu adalah salah satu jenis minuman  yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Susu merupakan bahan konsumsi yang wajib diberikan kepada bayi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Kandungan nutrisi dan rasanya yang manis, membuat produk susu disukai banyak orang, termasuk orang dewasa. Susu umumnya lebih banyak digunakan untuk bahan produk makanan atau minuman yang bercita rasa manis, seperti es krim, kue bolu, dan pastel.

Namun, dengan daya kreatifitas kuliner, kita juga dapat memanfaatkan bahan susu untuk produk olahan makanan yang bercita rasa non-sweetness. Salah satu yang akan disajikan dalam blog kerjausaha.com ini adalah pembuatan kerupuk susu. Produk olahan susu yang berupa kerupuk gurih nan renyah merupakan bahan makanan yang cukup unik dan menarik sehingga jika dijadikan sebagai ladang usaha, berpeluang menghasilkan profit yang oke. Bagaimanakah caranya memulai usaha membuat kerupuk susu?

kerupuk susu
Persiapan Alat dan Bahan:
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
  • 2 liter Susu pecah atau disebut juga susu segar atau susu mentah
  • 1 kg tepung terigu
  • 1 kg tepung tapioka
  • 5 butir telur ayam
  • 10 gr baking powder
  • Bumbu sesuai selera, terdiri dari ulekan bawang putih, kemiri, dan garam.

Peralatan yang diperlukan secara umum adalah alat-alat masak seperti baskom, kompor, panci, pisau, plastik kemasan, alat kemasan segel (misal pakai mesin seal atau pakai api lilin), dan peralatan penunjang masak lainnya.

Cara memproduksi kerupuk susu:
Seluruh bahan dicampur dalam satu wadah dan diaduk hingga rata dan tidak lengket. Setelah proses pembuatan bahan mentah adonan kerupuk tersebut selesai, langkah berikutnya adalah mengukus selama 1-2 jam. Kemudian diamkan adonan yang telah matang tersebut selama semalam untuk menjadikannya lebih padat.

Langkah selanjutnya adalah memipihkan adodan menjadi tipis-tipis dan dipotong sesuai selera, kemudian dijemur di bawah terik matahari hingga kering. Goreng kerupuk mentah tersebut dengan api sedang, kemudian setelah ditiriskan siap dibungkus dengan plastik kemasan agar tetap renyah dan siap dipasarkan.

Demikian sekilas tentang membangun usaha kecil pembuatan kerupuk berbahan susu. Ada beberapa hal positif atau keuntungan jika anda berwirausaha kerupuk susu, antara lain: menjadikan nilai bahan susu pecah yang berkualitas rendah menjadi produk yang ekonomis dan tahan lama; produk olahan susu kerupuk memiliki daya tarik dan nilai gizi yang baik; serta produk ini mudah dalam pemasaran dan menguntungkan. (Sumber gambar: PP PNFI Regional I Bandung)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait