Tips Memilih Kartu Kredit Terbaik

Dalam dunia modern, orang tidak perlu lagi pusing - pusing membawa setumpuk uang untuk keperluan berbelanja dan sebagai dana cadangan. Semua itu bisa disulap dalam selembar kartu berukuran id card yang bisa memudahkan kita untuk pergi ke mana-mana dan bertransaksi dengan aman. Secara umum, ada empat jenis kartu transaksi yang digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari, yaitu kartu debit, kartu kredit, e-wallet, dan charge card.

Dan pada postingan kali ini, akan diuraikan beberapa tips tentang cara memilih kartu kredit (credit card) yang tepat untuk anda. Saat ini, di Indonesia ada ratusan jenis produk kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank-bank lokal dan bank internasional, misalnya kartu kredit BCA, kartu kredit Mandiri, BNI,  BRI, Visa, Master Card, dan sebagainya.

kartu kredit terbaikMemilih satu dari sekian banyak produk kartu kredit memang bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai pertimbangan yang wajib anda perhatikan sehingga produk kartu kredit yang anda gunakan memiliki manfaat dan keuntungan secara maksimal. Inilah beberapa poin yang harus anda cermati dalam mengajukan aplikasi permohonan kartu kredit:

1. Cermati Tujuan Utama Anda
Apa jenis kartu kredit yang paling oke? Jawabannya adalah tergantung apa tujuan utama anda memiliki kartu kredit, misalnya untuk tujuan personal lifestyle, small business, atau digunakan oleh pelajar dan mahasiswa! Secara umum, ada empat jenis kartu kredit yang banyak digunakan, antara lain: low interset cards, reward cards, secured card, dan kartu kredit pelajar. So, think what your main purpose!

2. Perhatikan Besaran Suku Bunga dan Biaya Lain (Fees)
Cermatilah tingkat suku bunga tahunan (APR) yang berlaku pada aplikasi kartu kredit anda. Sesuaikan dengan kondisi finansial anda untuk memilih jenis bunga yang berlaku. Saat mengajukan permohonan kartu kredit, tanyakan pula adakah biaya-biaya tambahan yang harus anda bayar, seperti biaya tahunan, biaya aplkasi, biaya denda keterlambatan, over limit, dan lainnya.

3. Pelajari Secara Detail tentang Syarat dan Ketentuan yang Berlaku
Jangan tergoda dengan tawaran bonus atau bunga rendah saat anda memilih kartu kredit. Terkadang ada persyaratan-persyaratan khusus yang harus anda penuhi untuk mendapatkan manfaat tersebut, dan hal itu biasanya jarang diungkapkan secara gamblang dan jelas oleh pihak bank atau pun lembaga keuangan yang mengeluarkan produk kartu kredit tersebut. Misalnya bunga ringan hanya untuk 6 bulan pertama saja, atau bonus gadget yang diberikan jika telah melakukan transaksi dalam periode tertentu. Jadi, cermati dengan sungguh-sungguh, dan jangan mudah tergoda oleh tawaran iklan atau promo.

4. Cari Program Reward yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda
Ada berbagai macam hadiah dan reward yang diberikan oleh pihak-pihak penerbit kartu kredit untuk para konsumennya. Sekali lagi, jangan tergesa-gesa memutuskan untuk memilih kartu kredit X, Y, atau Z hanya karena anda tertarik program reward yang akan diberikan. Pikirkanlah terlebih dahulu apakah reward dan hadiah yang ditawarkan tersebut benar-benar anda butuhkan! Jangan sampai bonus reward yang anda terima tidak memberi manfaat maksimal untuk anda. Misalnya saja, sebuah produk kartu kredit memberikan reward kepada para penggunanya berupa "tiket masuk" gratis ke bioskop-bioskop tertentu!

Jika anda memang senang dan sering nonton film di bioskop, maka kartu kredit tersebut cocok untuk anda. Namun, jika anda jarang nonton bioskop atau bahkan tidak ada gedung bioskop di seputaran wilayah anda, maka benefit kartu kredit tersebut menjadi kurang maksimal. Oleh sebab itu, pilih-pilihlah jenis reward yang ditawarkan.

5. Pastikan Kartu Kredit Anda Bisa Digunakan Di Banyak Tempat
Tips ke lima yang anda wajib perhatikan dalam memilih kartu kredit adalah memastikan seberapa banyak dan seberapa luas produk kartu kredit anda dapat digunakan di berbagai tempat. Semakin banyak toko (merchant), pebisnis, dan perusahaan yang dapat menerima kartu kredit anda untuk transaksi, maka hal itu merupakan produk kartu kredit yang perlu anda masukkan dalam daftar pilihan anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait