Mengatur Meja dan Ruang Kerja Berdasarkan Feng Shui

Bekerja dalam suatu ruangan memerlukan perhatian khusus. Kebersihan dan kerapian menjadi kunci utama untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman. Dengan kondisi ruangan yang tenang, tentu akan memberi aura positif sehingga memaksimalkan produktifitas kerja atau dapat menghindari munculnya rasa stress di tempat kerja. Silahkan simak tips-tips mengurangi tingkat stress di sini!

Untuk menciptakan ruang kerja yang baik, ada berbagai teori yang bisa anda pakai, salah satunya adalah ilmu feng shui.Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tips-tips menciptakan ruang kerja yang nyaman dan sehat berdasarkan teori feng shui.

fengshui ruang kerja
gambar oleh Testofen
Pemilihan dan Penempatan Meja Kerja
1. Dalam memilih meja kerja sebaiknya menggunakan meja yang berkaki stabil dengan tujuan memperoleh kestabilan karir.
2. Permukaan meja kerja sebaiknya yang datar dan tidak berlubang-lubang.
3. Ukuran meja sebaiknya disesuaikan dengan struktur jabatan, dimana pimpinan memiliki meja yang lebih besar daripada meja karyawan.

4. Jangan memilih meja yang terkesan abstrak karena mencerminkan ketidakstabilan.
5. Dalam penempatan meja kerja, diupayakan agar tidak tepat membelakangi jendela. Jika tidak memungkinkan, maka saat bekerja jendela sebaiknya ditutup dengan tirai tebal.
6. Bagian depan pada meja kerja jangan sampai dihalangi oleh bidang apa pun seperti tembok atau lemari.

7. Hindari peletakan meja kerja yang tepat segaris dengan pintu masuk, tapi agak digeser ke samping kiri atau kanan guna mendapatkan aura kekuatan pemimpin.
8. Hindari pula meletakkan rak atau lemari tanpa pintu pada belakang kursi kerja anda karena dapat menyerap energi kreatif anda.

9. Untuk file-file penting di atas meja, letakkan di sebelah kiri guna memacu kreatifitas anda.
10. Jika anda ingin menaruh foto orang tercinta, pilihlah foto yang penuh keceriaan sebagai media untuk membangkitkan semangat kerja anda.

Pemilihan Hiasan dan Assesoris Ruang Kerja
1. Jika meja kerja yang digunakan berbentuk kotak (kubikal), pilihlah lukisan laut untuk hiasan di sekitarnya. Hal ini dimaksudkan agar ide dan inovasi dapat mengalir lancar. Sementara lawannya adalah lukisan atau hiasan berbentuk batu.
2. Hiasan bambu hoki dapat membawa keberuntungan dan progresivitas karier.
3. Sebaiknya jangan memajang lukisan bertemakan keramaian (crowded) seperti pasar dan terminal karena dapat memberi aura kerumitan.

4. Gambar ikan juga bagus dalam hiasan ruang kerja sebagai lambang kemakmuran. Sementara, hiasan meja berupa benda kristal dapat mengusir aura negatif dari para kompetitor anda.
5. Jadikan ruangan kerja anda penuh kecerahan (lighting).

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait