Membangun Usaha Restaurant dengan Mobil Keliling

Ingin buka restaurant, tapi tidak punya lokasi yang strategis? Mungkin usaha rumah makan berkonsep mobile (bergerak) bisa menjadi salah satu solusi untuk anda. Usaha penjualan kuliner dengan memanfaatkan mobil keliling telah menjadi pemandangan biasa di negara - negara barat. Di Amerika Serikat misalnya, saat ini setidaknya ada sekitar tiga jutaan food trucks yang berlalu-lalang di jalan raya.

Sementara di Indonesia, bisnis ini masih jarang dilakukan, karena sebagian besar pengusaha kecil di tanah air lebih memilih sepeda motor sebagai moda transportasi usahanya. Seperti apakah gambaran usaha rumah makan berkonsep food truck tersebut?

bisnis food truck
Konsep Cafe dan Restaurant dengan Mobil Truck
Saat ini ada sekitar 5 jenis usaha makanan yang berkonsep model mobile restaurant, antara lain:
1. Food Kiosk adalah kios kecil yang berupa stand atau booth kecil. Jenis makanan yang dijual biasanya berupa makanan ringan, kue, es krim dan minuman. Tempat operasinya di sekitar mall, depan perkantoran, atau pasar dengan perjanjian lisensi antar dua pihak.

2. Food Cart merupakan usaha penjualan makanan dengan memakai gerobak. Jenis makanan dan minuman yang dijual berupa siap konsumsi, seperti es krim, hot dog, bakso, bubur kacang ijo, dan sejenisnya.

3. Food Truck menggunakan kendaraan berupa mobil truck dengan sedikit modifikasi untuk mobilitasnya ke berbagai lokasi. Dengan ruang kendaraan yang lebih besar, bisnis ini dapat dijalankan dengan peralatan dan bahan makanan yang lebih banyak. Makanan cepat saji, termasuk pizza, merupakan menu andalan yang ditawarkan oleh bisnis restaurant keliling ini.

4. Mobile Catering lebih menekankan pada penyajian makanan berdasarkan pesanan. Bisnis ini akan beroperasi jika mendapat order dari pelanggan untuk menyiapkan sejumlah menu makanan. Biasanya ketika ada pesta ulang tahun, pesta taman, pernikahan, dan sejenisnya. Silahkan baca panduan cara dan tips membangun bisnis catering di sini!

5. Bustaurant, sesuai dengan namanya konsep usaha penjualan kuliner ini lebih mengutamakan moda transportasi bus untuk mobilitas operasionalnya. Sebuah bus disulap menjadi dapur bahkan sekaligus sebagai tempat meja makannya. Dengan ruang kendaraan yang lebih besar, tentu lebih dapat menghadirkan kenyamanan bagi para konsumen dalam menikmati sajian makanannya.

Bagaimanakah langkah-langkah memulai usaha rumah makan keliling ini?
Pertama yang wajib anda lakukan adalah mencermati adakah peraturan-peraturan yang berlaku untuk menjalani usaha macam ini. Misalnya lokasi yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan, bentuk perizinan yang harus dimiliki, dan sebagainya. Setiap daerah memiliki aturan tersendiri. Langkah berikutnya adalah mencermati pangsa pasar di wilayah yang akan menjadi target-target lokasi bisnis anda. Kemudian menciptakan menu makanan yang menarik dan mudah dalam penyajian.

Setelah itu menentukan moda transportasi yang akan anda gunakan sesuai dengan budget dan konsep restaurant anda. Dan jika perlu, tambahkan dengan kepemilikan sertifikasi halal dan kesehatan dari lembaga berwenang. Lihat petunjuknya di sini! Jika telah siap, silahkan kerja, kerja, dan kerja (plus doa). Manfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter untuk meningkatkan kekuatan promosi usaha anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait