Inilah Rangkuman Trend Bisnis Tahun 2014

Dalam menatap perjalanan bisnis di tahun 2014, kita hendaknya berusaha mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa tetap survive. Memprediksi apa yang akan terjadi di tahun 2014 dalam dunia bisnis merupakan salah satu cara dalam persiapan diri tersebut. Banyak pakar telah menguraikan prediksi-prediksinya yang kemungkinan besar bakal menjadi trends di tahun shio kuda ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, situs kerjausaha.com mencoba menyajikan ragam trends bisnis yang akan populer dan booming di tahun 2014:

trend bisnis tahun 2014Trend Bisnis dalam Usaha Kuliner (Restaurant)
Menurut situs entrepreneur.com, ada 6 jenis menu makanan/minuman yang diprediksi menjadi trend dan memberi profit bagus bagi pengusaha rumah makan, yaitu:
  1. Ice Cream Sandwiches 
  2. Kue Biskuit
  3. Mutant Morsels (makanan yang dibuat dari kombinasi bahan yang tidak biasa alias inovatif)
  4. Infused Ice (air yang dicampur buah atau herbal kemudian di bekukan dalam frezzer)
  5. Tea Cocktails
  6. Tableside service (memasak dan menyajikan makanan langsung di depan meja konsumen)

Trend Bisnis dalam Online Marketing
Dikutip dari situs businessreviewusa dot com, inilah empat jenis pemasaran di internet yang diduga paling banyak digunakan di tahun 2014:
  1. Content Marketing akan semakin menjadi hal vital dalam pemasaran di dunia maya.
  2. Pemasaran lewat media sosial seperti facebook, twitter, google plus, pinterest, dan lainnya akan terus mengalami perkembangan.
  3. Mobile friendly content sangat diperlukan, mengingat penggunaan mobile gadget akan terus bertambah.
  4. Pemasaran yang berbasis gambar atau Image-Based Content akan lebih menarik konsumen. Hal ini tentu membuat jejaring sosial seperti Buzzfeed dan Pinterest semakin banyak digunakan.

Trend Bisnis dalam Dunia Teknologi
Memasuki tahun 2014, perusahaan-perusahaan kelas start-up hingga big companies akan mulai beradaptasi dalam penggunaan teknologi, antara lain:
  1. Penyimpanan dan akses data perusahaan melalui teknologi cloud (komputasi awan)
  2. Printer 3D akan semakin populer di kalangan pebisnis.
  3. Jumlah pengguna smartphone akan meningkat tajam dan banyak perusahaan yang akan meluncurkan aplikasi mobile untuk bisnisnya.
  4. Metode pembayaran lewat ponsel juga akan kian populer, khususnya di kalangan generasi muda.

Trend Bisnis Global Lainnya
  1. Sistem Crowdfunding diprediksi kian terkenal di tahun 2014. Crowdfunding adalah skema pendanaan untuk sebuah organisasi atau perusahaan yang dilakukan secara kolektif (urunan usaha) dengan jumlah investasi kecil-kecil dan biasanya proses pengumpulan dana ini melalui internet.
  2. Bisnis yang terkait bidang olahraga akan berprospek cerah di tahun 2014. Hal ini tidak terlepas dari agenda penyelenggaraan piala dunia sepak bola di Brazil.
  3. Pangsa pasar lewat media online yang mengalami peningkatan karena akses internet semakin luas di pelosok-pelosok negeri.

Demikianlah ragam prediksi trend bisnis di tahun 2014. Bagaimanakah prediksi anda? Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait