Bisnis Periklanan pada Body Mobil (Car Panel Advertising)

Iklan merupakan bagian yang cukup penting bagi sebuah perusahaan dalam upaya meraih target bisnis yang telah ditetapkan. Tak heran jika banyak perusahaan yang rela mengeluarkan dana besar untuk kampanye iklan bagi produk atau pun brand perusahaannya. Mereka menempuh banyak cara dan media, mulai dari beriklan di televisi, internet, radio, surat kabar, poster, billboard, hingga juga menyasar pada periklanan lewat moda transportasi, khususnya di mobil.

iklan pada mobil
gambar: autowrapped.com
Jika anda pernah melihat sebuah mobil yang pada bagian body atau bagian kaca belakangnya dihiasi dengan promo suatu merek produk, maka anda sedang melihat sebuah iklan. Iklan lewat media kendaraan seperti bus, truck, atau mobil pribadi boleh dibilang sebagai model periklanan yang cukup efektif. Ketika mobil tersebut melintasi jalan raya, tentu ada banyak pasang mata yang akan melihat iklan tersebut. Selain itu, keuntungan beriklan lewat media mobil juga terbilang tidak memakan biaya besar. Promosi lewat iklan di badan mobil ternyata juga banyak dilakoni oleh para politikus di daerah-daerah, sebagai bentuk kampanye politik.

Sasaran utamanya biasanya adalah mobil angkot, bajaj, dan kendaraan umum lainnya. Biaya periklanan yang harus dikeluarkan oleh para politikus sekitar 100ribu hingga 500ribu rupiah per angkot, tergantung masa kontraknya (kesepakatan bersama).

Secara umum, ada dua bagian mobil yang sering dijadikan tempat pemasangan iklan, yakni pada bodi samping dan bagian kaca belakang mobil. Ketika anda ingin memasang iklan pada bagian kaca belakang, misalnya iklan berbentuk stiker tempel, maka anda wajib untuk mengutamakan faktor keselamatan. Bagian kaca belakang hendaknya tidak ditutup sepenuhnya dengan iklan karena dapat mengganggu pandangan pengemudi ketika ingin bergerak mundur, dan mencegah potensi kriminalitas pada angkutan umum.

Para perusahaan yang telah memiliki moda transportasi sendiri, sering memanfaatkan kendaraan-kendaraannya untuk beriklan, baik dengan menggunakan sticker dan poster yang ditempel di kaca belakang atau mengecat bodi mobilnya lewat jasa cat airbrush. Di Indonesia, ada banyak perusahaan yang bergelut dalam bisnis jasa pembutan iklan di body mobil. Tengok saja situsnya di mobiliklan.com >>; mobilbranding.com >>; mariwaadvertising.com >>; dan lainnya yang sering diistilahkan dengan iklan car panel. Jika anda ingin terjun ke bisnis ini, paling tidak anda telah memiliki keterampilan dalam mendesain dan mencetak media iklan (misal bentuk sticker), serta mencermati pola aturan retribusi pajak periklanan sesuai dengan peraturan daerah di wilayah tempat tinggal anda.

Beberapa negara di benua Eropa dan Amerika, bisnis periklanan yang terkait dengan (car panel advertisement) ternyata lebih kompleks lagi, salah satunya adalah berdirinya perusahaan-perusahaan agen atau broker iklan khusus untuk penyediaan space iklan di bodi mobil. Para pemilik mobil pribadi yang ingin mendapatkan uang tambahan harus merelakan mobilnya dipermak atau dipasangi iklan selama masa kontrak yang disepakati.

Beberapa perusahaan agen iklan tersebut diantaranya: FreeGasHelp, AdSmart Outdoor Advertising, AutoAds, Autowrapped, dan Free Car Media yang bersedia membayar pemilik mobil pribadi 50 ribu hingga di atas 5 juta rupiah per bulan, tergantung beragam faktor, salah satunya adalah mobilitas kendaraan. Demikian sekilas tentang bisnis iklan pada body mobil, salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait