8 Peluang Usaha Kecil Menengah yang Prospektif Tahun 2014

Menganalisa peluang bisnis yang cerah di tahun 2014 bukanlah perkara yang mudah. Catatan bisnis di tahun 2013, agenda pemerintah dan prediksi perekonomian global maupun nasional yang akan terjadi di tahun 2014 merupakan beberapa bahan pertimbangannya. Menurut astrologi China, tahun 2014 adalah tahunnya shio kuda. Kuda sebagai lambang kecepatan dan ketangkasan tentu juga berpengaruh dalam kompetisi bisnis, siapa cepat dia dapat!

Jadi, jika ingin sukses harus mawas diri membaca peluang usaha yang menguntungkan. Menurut kerjausaha.com, inilah delapan peluang usaha bagi pemodal kecil dan menengah yang prospektif di tahun 2014 untuk pangsa pasar Indonesia:

peluang usaha 20141. Usaha Percetakan
Tahun 2014 bangsa Indonesia akan mengadakan pesta lima tahunan, yakni Pemilihan Umum. Jika anda telah memiliki usaha percetakan spanduk dan baliho, maka siap-siaplah panen rejeki. Puluhan partai dan ratusan calon anggota dewan baik pusat maupun daerah, serta kandidat presiden yang ingin berebut kursi tentu membutuhkan atribut-atribut kampanye seperti spanduk, pamflet, pin, sticker, brosur, dan sebagainya. Hal ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Jika anda tertarik memulai usaha percetakan spanduk dan baliho, lihat panduannya di sini!

2. Bisnis Gadget dan Pulsa
Menurut berbagai riset dan analisa pasar, pengguna mobile gadget terutama smartphone akan mengalami pertumbuhan yang pesat, termasuk di Indonesia. Jika anda punya modal 10-20 jutaan rupiah, maka anda bisa mencicipi manisnya bisnis penjualan handphone dan pendukungnya, seperti assesoris ponsel dan pulsa.

3. Waralaba
Di tahun 2013, bisnis yang berkonsep waralaba (franchise) mengalami pertumbuhan yang menjanjikan. Bukan hanya waralaba makanan dan minuman saja, beragam bidang usaha juga membuka jaringannya dengan model waralaba, seperti pendidikan, kecantikan, teknologi, kesehatan, hingga bisnis jasa. Bahkan diantaranya sudah lolos untuk go international. Bisnis model waralaba di tahun 2014 dipercaya akan prospektif. Bila anda belum memahami apa itu waralaba? Bisa lihat gambarannya di sini!

4. Bisnis Lewat Media Online
Sejalan dengan pertumbuhan pengguna internet, bisnis yang dilakukan lewat media online nampaknya juga akan bersinar kinclong, misalnya bisnis penjualan produk lewat toko online, afiliasi menggunakan facebook, dan sejenisnya.

5. Usaha Kuliner
Bisnis ini adalah bisnis yang tak pernah sepi, selalu bersinar dari masa ke masa. Hal yang bisa membuat anda bertahan dalam kompetisi bisnis kuliner adalah kreatifitas menciptakan menu makanan dan minuman yang nikmat, misalnya bakso unik, nasi bakar, dan sebagainya.

6. Bisnis Fashion
Sama halnya dengan usaha kuliner, bisnis di bidang fashion juga tak pernah ada matinya. Namun sepertinya di tahun 2014 ini, bisnis sablon dan digital printing kaos lebih berpeluang menghasilkan untung berlimpah. Hal ini tidak terlepas dari agenda pemilhan umum dan moment piala dunia (usaha baju jersey tim worldcup).

7. Bisnis Otomotif (Reparasi dan Modifikasi)
Meskipun tahun 2013 dan 2014 diprediksi masih terjadi krisis ekonomi di kawasan Eropa, namun di Asia situasinya kemungkinan lebih baik. Pangsa pasar mobil dan motor di Indonesia pada tahun 2014 diperkirakan tetap bagus, apalagi banyak produsen-produsen otomotif yang berencana meluncurkan mobil murah. Sehingga secara tidak langsung juga memberi dampak positif bagi para pelaku usaha reparasi, aksesoris dan modifikasi otomotif.

8. Bisnis Buku Teks Pelajaran
Di pertengahan tahun 2013, pemerintah melalui Kemendiknas telah meluncurkan kurikulum baru bagi sekolah-sekolah yang ditunjuk. Dan tahun 2014, program implementasi kurikulum baru tersebut akan semakin diperluas ke sekolah-sekolah lain. Hal ini tentu memerlukan buku teks pelajaran yang baru. Nah jika anda ingin membuka bisnis toko buku atau menjadi penulis buku, maka manfaatkan moment tahun 2014 ini untuk menggali keuntungan, khususnya penjualan buku-buku teks pelajaran dari jenjang TK hingga SMA.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait