5 Pilihan Software Akuntansi Terbaik di Tahun 2014

Accounting menjadi salah satu bidang yang cukup vital dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan tentu memiliki pencatatan akuntansi tersendiri, mulai dari yang sederhana hingga tingkat yang kompleks. Dalam menjalankan rutinitas perusahaan, proses kegiatan akunting harus dilaksanakan secara akuntabel. Untuk itu diperlukan tim akuntan yang handal, dan sebagai pendukung aktivitas tersebut (support) perusahaan wajib menyediakan sarana prasarana yang memadai, salah satunya adalah software akuntansi yang oke! Berikut ini merupakan 5 accounting software yang bisa menjadi pilihan terbaik di tahun 2014.

1. Zoho
Zoho Books merupakan salah satu alternatif accounting software terbaik bagi bisnis anda. Dengan Zoho, anda dapat melacak project anda dari lintas platform, baik lewat komputer, tablet dan smartphone. Aplikasi Zoho dibekali dengan kemampuan pengolahan akunting yang lengkap dan handal, serta layanan email tagihan langsung ke klien anda. Namun sisi kelemahannya adalah fitur-fiturnya masih terbatas. Untuk memanfaatkan kemampuan dan potensi software Zoho, anda sebaiknya juga menginstal produk-produk penyokongnya. Biaya bulanannya $39.

2. Sage One
Sage One juga merupakan salah satu software akuntansi terbaik yang banyak digunakan oleh perusahaan dan lembaga organisasi di seluruh dunia. Software akunting ini merupakan produk dari Sage, perusahaan yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Kelebihan Sage One adalah produk yang cukup efesien, mudah digunakan, dibendel dengan project tracking, manajemen tugas, kolaborasi, dan payment processing, back up data, terenkripsi, dan mudah diakses dengan berbagai jaringan koneksi internet. Sage One merupakan solusi online yang bagus dan selalu up to date. Kekurangan Sage One adalah tidak cocok digunakan untuk perusahaan yang mempekerjakan banyak akuntan untuk mengolah beragam inventori.

Sage One lebih ditujukan kepada para entrepreneur, freelancer, dan pelaku startup business. Jika untuk kebutuhan perusahaan, Sage 50 lebih cocok! Biaya bulanan untuk pemakaian Sage One adalah $29.

3. FreshBook
Software yang bertarif $69,95/bulan ini merupakan salah satu alternatif terbaik, dan banyak digunakan oleh para freelancer. FreshBook adalah kebebasan. Kelebihan Freshbook adalah dapat membuat tagihan (invoices), manajerial project, dan dapat digunakan untuk menerima pembayaran secara online dari mana saja. FreshBook juga menyediakan sarana backup data yang terenkripsi. Kekurangan FreshBook hingga saat artikel ini diterbitkan adalah belum support untuk android dan tidak mendukung user tambahan secara gratis.

4. FreeAgent
FreeAgent merupakan software akuntansi yang banyak dipakai oleh para freelancer dan pengusaha kecil. Dengan monthly cost sekitar 24 dollar, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, antara lain mudah dipakai, support user tak terbatas, client, project, tagihan, dan email yang cepat. Kelemahan software akuntansi FreeAgent adalah tidak memiliki kemampuan melacak dokumen dan tugas terjadwal. Selain itu, belum tersedia untuk platform android.

5. QuickBooks Online
Jika anda membutuhkan software accounting untuk skala besar dengan pekerja yang banyak, mungkin aplikasi QuickBooks bisa menjadi alternatif yang bagus. Software akuntansi yang dibuat oleh Intuit ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya: advanced invoicing, melacak billing dan payment, pelaporan, serta tersedia tools tambahan untuk pengguna iPhone dan Android. Kekurangan software ini adalah tidak dilengkapi dengan project tracking dan tools kolaborasi. Untuk menyempurnakan kinerja QuickBooks tersebut anda bisa mengunduh aplikasi pihak ke tiga seperti Mavenlink dan MinuteDock. Biayanya sekitar $39,95/month.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait