5 Perusahaan Ventura Terbaik

Ketika modal tidak mencukupi untuk memulai menjalankan suatu bisnis atau untuk mendirikan sebuah perusahaan, maka salah satu solusi yang bisa ditempuh adalah dengan modal patungan antara dua pihak atau lebih. Sistem ini juga dikenal dengan patungan usaha atau joint venture. Model patungan usaha ternyata bukan hanya dilakukan oleh pengusaha-pengusaha yang bermodal pas-pasan saja, tetapi banyak perusahaan - perusahaan besar yang terlibat dalam joint venture dan kemudian mendirikan sebuah perusahaan tersendiri yang disebut dengan Venture Capital (VC) Firm. 

Secara global, ada lebih dari 1.200 perusahaan yang berbentuk VC, dan daftar lima perusahaan VC global berikut adalah yang terbaik menurut versi findthebest.com:

1. Cargill Ventures
Cargill Ventures adalah sebuah perusahaan yang berbentuk ventura capital, bermarkas di Minnesota, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000 yang menyasar pada industri bioteknologi, clean technology, dan layanan IT. Jika anda ingin ikut bergabung, ada batasan modal yang bisa diinvestasikan, yakni maksimal 20 juta dollar Amerika. Ada banyak perusahaan yang ikut bergabung menanamkan modalnya pada perusahaan ventura ini, seperti GuardianEdge Technologies, iCentera, Mark Monitor, Intalio, dan lainnya.

2. Harris & Harris Group
Perusahaan yang bermarkas di New York, Amerika Serikat ini memfokuskan diri pada bisnis nanoteknologi. Namun sasaran industri yang kembangkan beraneka ragam, mulai dari clean technology, healthcare, industri bidang energi, life sciences, dan semicinductors. Perusahaan yang berdiri tahun 1981 lalu telah memiliki lebih dari 90 investasi.

3. Accel Partners
Accel Partners didirikan pada tahun 1983 dan bermarkas di Hongkong. Nilai maksimum investasinya adalah 25 juta dollar. Modal-modal yang dikumpulkan akan difokuskan untuk investasi di bidang bio teknologi, internet, IT service, Media Entertainment, dan termasuk peralatan medis. Ada banyak perusahaan yang turut serta menyertakan modalnya pada Accel Partners, diantaranya AdMob, Airtime, Blue Jeans Network Inc, dan Cambridge Broadband Networks.

4. HLM Venture Partners
Berkantor pusat di Boston, Amerika Serikat, HLM Venture Partners merupakan sebuah perusahaan vc yang didirikan pada tahun 1983. Diversivikasi investasi bisnisnya cukup beragam, namun bidang fokusnya adalah kesehatan, IT Services, dan peralatan medis. Rentang nilai penyertaan modal untuk bergabung dengan perusahaan ini adalah di atas 100 juta dollar.

5. GrandBanks Capital
GrandBanks Capital bermarkas di Massachusetts, Amerika Serikat, adalah sebuah perusahaan ventura yang fokus pada investasi di bidang finansial. Namun target lainnya juga menyasar pada dunia teknologi seperti investasi di industri internet, software, dan media hiburan. Beberapa perusahaan yang sudah join diantaranya Vivox, Nexage, Glass House Technologies, dan Celtra inc. Nilai investasi penyertaan adalah sebesar 5 juta dollar atau sekitar 50 milyar rupiah.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait