5 Kriteria Utama Pekerjaan Impian (The Dream Job)

Tak jarang kita melihat orang-orang yang pindah pekerjaan dari satu profesi ke profesi lainnya. Ketika ditanya, ada beragam alasan yang melatar belakanginya, seperti tidak nyaman, gaji yang tidak memuaskan, bosan, dan sebagainya. Jika hal itu sering terjadi, maka dapat merusak citra diri dan membuat perjalanan karir menjadi stagnan. Oleh sebab itu, sebelum anda memutuskan untuk memilih bidang pekerjaan yang paling baik untuk diri anda, maka sebaiknya pahami dulu 5 kriteria utama pekerjaan yang diimpi-impikan oleh semua orang.

Jika profesi yang anda geluti telah memenuhi 5 kriteria berikut, maka tak ada lagi pekerjaan yang lebih baik dari profesi tersebut.

1. Berpenghasilan Cukup
pekerjaan impianKriteria pertama pekerjaan yang diidam-idamkan oleh semua orang adalah mampu memberikan penghasilan yang cukup. Kategori "penghasilan cukup" bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Misalnya cukup untuk makan, cukup untuk menabung, cukup untuk membeli mobil, cukup untuk membeli sebuah apartemen, dan sebagainya. Masing-masing orang memiliki versi "cukup" yang berbeda-beda. Jadi, ketika anda memilih sebuah bidang pekerjaan, ukurlah terlebih dahulu arti  "penghasilan cukup" menurut versi anda.

2. Sesuai Bidang yang Dikuasai
Jenis pekerjaan yang paling cocok untuk semua orang adalah jika bidang pekerjaannya sesuai dengan keahliannya. Misalnya orang yang pandai mereparasi mobil cocok menjadi montir, orang yang lulusan akuntansi bekerja sebagai akunting, orang yang ahli bahasa bekerja sebagai translator, dan sejenisnya. Jika pekerjaan yang anda geluti sesuai dengan bidang yang anda kuasai, maka anda akan lebih mudah meningkatkan jenjang karier anda. Begitu sebaliknya!

3. Senang dan Nyaman seperti Hobi
Kriteria ketiga pekerjaan yang didamba-dambakan oleh kebanyakan orang adalah pekerjaan yang dilakukan dengan senang hati, merasa nyaman, dan biasanya sejalan dengan jenis hobi yang disukai. Misalnya orang yang senang main musik berprofesi sebagai penyanyi, orang yang hobi fotografi bekerja sebagai kameramen, orang yang senang tulis-menulis berprofesi sebagai pengarang novel, dan sebagainya. Sekeras dan sesusah apapun jenis pekerjaan yang dilakukan, jika dikerjakan dengan perasaan suka dan senang, maka akan cepat terselesaikan.

4. Legal atau Halal
Kriteria ke empat dalam unsur "the dream job" adalah legal atau halal. Sebesar apapun penghasilan anda dan senyaman apapun jenis pekerjaan yang anda emban, jika profesi itu melanggar hukum dan norma, maka bukanlah pekerjaan yang bagus, misalnya bekerja di kasino, pengedar ganja, penjiplak karya cipta, dan sejenisnya.

5. Memiliki Kesan Confidence dan Prestise
Poin ke lima ini bagi setiap individu memiliki ukuran yang berbeda-beda. Serendah apa pun jabatan pekerjaan anda dalam struktur organisasi perusahaan, namun jika anda merasa confidence melakoninya (percaya diri dalam jangka waktu lama), maka itulah kriteria pekerjaan yang cocok bagi anda. Ada orang yang merasa malu menjabat sebagai manager karena menginginkan kursi direktur, tapi ada orang merasa percaya diri dengan posisi jabatannya sebagai officce boy karena telah menyadari potensi dirinya yang sesuai. Jadi sebelum anda memutuskan memilih bidang pekerjaan tertentu, pikirkanlah terlebih dahulu apakah anda merasa confidence dengan jenis pekerjaan dan posisi jabatan tersebut (in the long time).

Jika profesi yang anda geluti telah memenuhi lima kriteria tersebut, maka itulah jenis pekerjaan yang paling cocok dan sempurna untuk diri anda. Untuk masalah peningkatan jenjang karir dan posisi jabatan, tinggal masalah kerja keras dan waktu saja. Salam kerja dan usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait