5 Kiat Mengatasi Rasa Ngantuk Di Tempat Kerja

Rasa ngantuk menjadi musuh dalam mencapai produktifitas kerja. Rasa ngantuk biasanya akan menghampiri diri kita ketika kelelahan menyerang pikiran dan fisik. Rasa kantuk merupakan hal yang manusiawi, dan obat yang paling mujarab adalah tidur. Namun jika rasa ngantuk datang saat kita sedang bekerja, bisa menjadi hal yang negatif buat karir atau bisnis kita.

Jadi, para sobat KerjaUsaha, sebisa mungkin harus pandai-pandai mengatur waktu agar tidak ngantuk saat sedang melaksanakan kerja. Berikut lima tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat sedang tugas kerja.

mengantuk
1. Jalan-jalan Kecil
Ketika mata anda mulai lelah dan mulut mulai menguap, bangkitlah dari tempat kerja. Jalan-jalan kecil di sekitaran tempat kerja dapat menyegarkan kembali pikiran anda. Mungkin dengan pergi ke meja kerja teman anda atau ke bagian taman di kantor anda dapat membantu anda menghilangkan rasa kantuk tersebut.

2. Minum Sesuatu
Jika anda ingin tetap fokus melakukan aktivitas kerja meskipun dalam kondisi ngantuk, maka cobalah minum sesuatu yang dapat mengurangi rasa kantuk anda, misalnya secangkir kopi, teh hijau, segelas jus, atau pun minuman bernutrisi lainnya.

3. Cuci Muka
Segarkan kembali kulit dan saraf anda dengan membasuh muka menggunakan air segar. Membasuh muka dapat mengurangi sedikit rasa kantuk. Setelah itu, mungkin anda perlu merefresh tampilan wajah anda dengan pelembab wajah atau pun pakai pembersih kotoran muka.

4. Dengarkan Musik
Rasa kantuk umumnya terjadi sekitar jam 1 siang hingga jam 4 sore. Pada rentang waktu tersebut, musik esay listening menjadi teman yang enak buat tidur. Nah, jika rasa ngantuk mulai menghinggapi anda, cobalah memutar musik yang membangkitkan semangat. Jika anda takut mengganggu suasana kantor, pakailah earphone!

5. Lakukan Aktivitas Lain
Kiat berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengusir rasa kantuk adalah mengerjakan aktivitas lain yang dapat mengalihkan perasaan anda, misalnya merapikan meja kerja, streatching, melihat foto orang tercinta, menelepon seseorang, dan lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait