5 Jenis Profesi Konsultan Terpopuler

Salah satu bidang profesi yang dianggap prestise bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia adalah sebagai konsultan. Mengapa demikian? Mungkin karena seorang konsultan dianggap memiliki wawasan yang luas, cerdas, mempunyai peran penting, dan tentunya berpenghasilan tinggi. Kata konsultan berasal dari bahasa Latin, yakni "consultare" yang berarti diskusi.

Saat ini, ada banyak jenis konsultan yang eksis di setiap negara, sesuai dengan bidang keahlian yang dikuasainya. Di Indonesia sendiri, profesi ini mulai banyak bermunculan sekitar era tahun 90an. Dan hingga kini ada beragam jenis konsultan yang paling populer atau sering dipakai jasa konsultasinya, antara lain:

konsultan bisnis
1. Konsultan Bisnis
Menggeluti profesi sebagai konsultan bisnis memiliki peluang besar dalam memperoleh penghasilan yang baik. Secara umum, tugas seorang konsultan bisnis adalah memberi nasihat dan pandangan mengenai strategi meningkatkan profit perusahaan, atau memberi saran ketika memulai merintis usaha, dan mencari solusi terbaik ketika sebuah perusahaan menghadapi masalah.

2. Akunting
Bagian akunting merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah perusahaan. Besar atau pun kecil sebuah perusahaan, konsultan bidang akunting selalu dibutuhkan jasanya.

3. Konsultan Pajak
Setiap pihak, baik itu perusahaan, pekerja, dan pemerintah ingin mendapatkan keadilan sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk dalam masalah pajak. Oleh sebab itu, konsultan pajak menjadi pekerjaan yang sering dimintakan jasanya dalam pengurusan pajak sesuai dengan aturan yang berlaku.

4. Konseling Karir
Banyak orang yang bingung atau sulit memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan dirinya atau stress akibat karir yang stagnan. Untuk mengatasi hal tersebut, mereka biasanya pergi ke ahli konseling karir.

5. Konsultan Sumber Daya Manusia
Jika anda ahli dalam menganalisa potensi sumber daya manusia pada sekelompok orang, maka anda bisa terjun menjadi konsultan HRD (Human Resources Development). Jasa konsultasi pengembangan sumber daya manusia kini semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, organisasi, maupun lembaga pemerintah.

Demikian sekilas ragam profesi sebagai konsultan yang paling populer, semoga dapat menambah wawasan anda, khususnya para calon mahasiswa yang bercita-cita menjadi seorang konsultan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait