5 Bisnis Startup Ini Muncul Berkat Kehadiran Printer 3D

Printer 3D adalah terobosan terbaru dan inovatif dalam dunia teknologi percetakan. Dengan printer 3D tersebut, kita dapat mencetak benda atau model nyata dalam bentuk tiga dimensi. Bahan yang digunakan untuk membuat / mencetak model 3D tersebut beraneka ragam jenisnya, seperti bahan plastik, karet, hingga metal. Printer 3D banyak dipakai untuk mencetak model manusia untuk kepentingan dunia kedokteran, mencetak model pesawat tempur untuk dunia dirgantara, dan sebagainya.

Kehadiran teknologi Printer 3D telah membawa berbagai perubahan dan progresivitas dalam dunia percetakan, desainer serta beragam bisnis lainnya. Situs kerjausaha.com mencoba merangkum dan menyajikan berbagai bisnis startup yang muncul karena kehadiran printer 3D.

Bisnis printer 3d
1. Shapeways
Pada mulanya harga sebuah printer 3D sangat mahal, sekitar 10 jutaan rupiah per unit dengan harga bahan cetak yang juga mahal. Oleh karena itu sebuah perusahaan yang bernama Shapeways didirikan pada tahun 2007 untuk memenuhi keinginan banyak pihak yang ingin mencetak ide-idenya dalam bentuk model atau prototipe. Perusahaan yang beralamat di Shapeways.com ini menerima pesanan pencetakan dari seluruh penjuru dunia lewat jalur online.

2. Make Eyewear
Gagang kaca mata anda patah? Tenang, jangan panik! Serahkan masalah anda sama perusahaan start up ini! Make Eyewear adalah sebuah startup yang memanfaatkan teknologi printer 3D untuk mencetak gagang kaca mata yang lebih ringan dan nyaman. Dengan bahan metal yang bagus, anda bisa memasangkan lensa kacamata anda dari berbagai jenis dan ukuran. Kunjungi situsnya di MakeEyewear.com!

3. Spuni
Spuni juga merupakan salah satu startup yang muncul karena kehadiran printer 3D. Dengan bantuan teknologi printer 3D, Spuni menciptakan produk sendok makan bayi yang sesuai dengan bentuk mulut bayi. Dengan demikian para bayi akan merasa nyaman dan aman ketika mereka menggunakan sendok makannya. Bisnis startup yang beralamat di Spuni.com ini didirikan oleh dua sahabat, Marcel dan Trevor pada tahun 2011 lalu.

4. Tecnologia Humana 3D
Saat tengah hamil, banyak orang yang mengabadikan perkembangan janin dalam kandungannya dengan mencetak pada selembar foto. Nah, perusahaan startup di Brasil yang beralamat di feto3d.com memanfaatkan teknologi printer 3D sebagai lahan bisnis. Mereka akan mencetakkan replika janin bayi dalam wujud tiga dimensi. Hal seperti ini juga terdapat di sebuah klinik di Jepang. Harga cetaknya sekitar $ 1.000 (atau 10 juta rupiah).

5. Thinker Thing
Mungkin Thinker Thing merupakan startup yang paling canggih. Mereka memanfaatkan kemajuan teknologi pemindai pikiran, komputer, dan printer 3D. Apapun konsep ide yang ada di otak anda akan divisualisasikan dalam layar komputer dan kemudian dicetak dengan printer 3D menjadi bentuk model replika. Jadi pada intinya adalah menjadikan benda khayalan anda dalam bentuk objek nyata. Silahkan kunjungi situsnya di ThinkerThing.com!

Demikianlah bisnis-bisnis pemula yang muncul berkat kedatangan teknologi printer 3D. Apakah anda punya ide bisnis yang lain dengan Printer 3D? (referensi utama: businessnewsdaily.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait