10 Bisnis yang Modalnya Ratusan Ribu Rupiah (Di Bawah 1 Juta)

Modal memang kerap menjadi permasalahan mendasar bagi seseorang yang ingin mulai merintis sebuah usaha (bisnis). Namun, jika karena kendala modal membuat anda menyerah begitu saja, maka anda mungkin tak'kan pernah mampu menggapai impian anda. Untuk membangkitkan semangat kewirausahaan dalam diri anda, silahkan baca tips-tips cara membangun usaha dengan modal yang minim.

Jika anda kreatif, sebenarnya ada ratusan jenis usaha (bisnis) yang bisa anda rintis dengan modal kecil (ratusan ribu rupiah). Blog kerjausaha mencoba menguraikan 10 ragam bisnis yang bisa anda mulai dengan modal ratusan ribu rupiah atau kurang dari satu jutaan rupiah.

1. Bisnis Pulsa
Jika anda telah memiliki sebuah ponsel, maka anda bisa memulai bisnis penjualan pulsa, baik untuk kebutuhan pulsa handphone maupun pulsa listrik. Modal yang dibutuhkan sekitar 500 ribuan rupiah atau bahkan ada beberapa agen yang menawarkan kerjasama 50ribu rupiah saja. Silahkan kunjungi link ini untuk mengetahui gambaran bisnis pulsa.

2. Bisnis Online
Apakah anda sudah memiliki perangkat komputer dan modem? Jika ya, coba pelajari ragam bisnis online yang bisa menghasilkan uang. Menjadi blogger, paid to survey,dan periklanan di Youtube adalah beberapa contohnya. Jika anda belum punya perangkat komputer, anda bisa memanfaatkan fasilitas warnet. Modal utama untuk terjun ke bisnis online bukanlah uang, tetapi investasi waktu dan kerja keras!

3. Dropshipping
Dropshipping juga merupakan termasuk bisnis online yang kini sedang ngetrend. Anda berbisnis menjual produk-produk tertentu, seperti pakaian, buku, dan kosmetik lewat internet tanpa perlu memproduksi atau memiliki produk yang anda jual. Lho, kok bisa? Cari tahu informasinya di sini!

4. Agen Lepas atau Reseller (Misal Sophie Martin dan Oriflame)
Dengan modal di bawah satu jutaan, anda telah bisa menjadi member keagenan dari berbagai bisnis penjualan real product, seperti fashion, produk kecantikan, obat suplemen, dan sebagainya. Banyak orang yang telah sukses menjadi agen lepas, misal pada bisnis Sophie Martin, Oriflame, dan Herbalife.

5. Bisnis Sampah dan Barang Bekas
Sampah dan barang bekas sering dianggap sebagai benda yang tak bernilai. Namun, jika anda kreatif, anda bisa menyulapnya menjadi produk ekonomis. Sampah kertas, kain, plastik, karet, kayu, kerdus, kaleng, dan botol bisa anda olah untuk menghasilkan uang tanpa perlu modal yang besar. Simak di sini tentang beragam usaha produk dari barang bekas.

6. Usaha Keripik (Kuliner)
Usaha yang juga bisa dimulai dengan modal ratusan ribu rupiah adalah pembuatan keripik seperti ubi, kentang, pisang, pepaya, dan lainnya. Peralatan usaha seperti pisau, panci dan kompor bisa anda pinjam dari dapur anda. Ada berbagai olahan kuliner yang berupa keripik unik. Baca informasi lengkapnya di sini!

7. Usaha Minuman
Usaha minuman dengan berbagai macam variasinya bisa anda rintis dengan modal ratusan ribu rupiah. Jika anda tidak memiliki perlengkapan stand penjualan (booth/rombong/gerobak), anda bisa menjalin kerjasama (penitipan) dengan pemilik warung atau rumah makan. Bangsa Indonesia memiliki ratusan jenis racikan minuman yang sedap, infonya ada di mari!!!

8. Pembuatan Kerajinan Tangan
Usaha rumahan ini membutuhkan daya kreatifitas dan keterampilan yang tinggi. Jika anda memiliki kemampuan tersebut, maka modal ratusan ribu rupiah sudah cukup dalam merintis sebuah usaha. Ada beragam jenis kerajinan tangan yang bisa mendulang uang, seperti boneka, assesoris, dan sebagainya.

9. Peternakan
Jika anda memiliki lahan yang cukup, maka dengan modal ratusan ribu rupiah sudah bisa membuat anda berwirausaha dalam beberapa jenis usaha peternakan, seperti ternak cacing sutra, ternak jangkrik, ayam petelur, ternak burung, dan lainnya.

10. Bisnis Parfume
Jenis bisnis yang juga bisa dijalankan dengan modal ratusan ribu rupiah adalah pembuatan dan penjualan parfume (minyak wangi). Anda memerlukan bibit parfum yang bisa dibeli dengan modal 600ribu rupiah dan botol parfume untuk kemasan dengan harga 200ribu rupiah. Jika tidak memiliki toko, pemasarannya bisa lewat door to door, menjualnya ke teman-teman dekat, atau sistem penitipan. Bagaimanakah cara berwirausaha pembuatan parfume refill? Silahkan baca gambaran singkatnya di sini!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait