Wirausaha Pembuatan Bantal Foto (Custom Pillow)

Salam sukses untuk sobat kerjausaha. Pada postingan kali ini, akan dibahas tentang usaha rumahan pembuatan bantal kreasi unik. Bantal merupakan sebuah barang yang menjadi kebutuhan pokok manusia. Hampir semua orang membutuhkan bantal saat beranjak ke tempat tidur. Tiap rumah tangga pasti memiliki beberapa buah bantal. Namun umumnya bentuk dan motif bantal yang ada di rumah terlihat biasa-biasa saja.

Nah, berlatar belakang hal tersebut, banyak orang yang berkreatifitas membangun usaha pembuatan bantal unik dengan cetakan (print) foto di permukaannya. Bagaimakah cara memulai usaha pembuatan bantal foto tersebut? Yuk silahkan simak langkah-langkah berikut:

bantal foto print
Persiapan Alat dan Bahan
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bantal foto antara lain:
  • Kain sarung bantal berstektur lembut.
  • Isi bantal berupa kapas atau spons busa atau kain perca.
Peralatan yang dibutuhkan terdiri dari:
  • Mesin printer (cetak digital) yang bisa mencetak pada lembaran kain.
  • Perangkat komputer.
  • Mesin jahit.

Cara pembuatannya: potong kain untuk sarung bantal sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan. Siapkan file gambar (foto) yang berasal dari ponsel atau kamera digital. Personalisasi foto tersebut di layar komputer agar tampak menarik dengan menggunakan apilkasi pengolah foto, seperti photoshop atau coreldraw. Cetak gambar tersebut dengan menggunakan mesin cetak digital. Prosesnya tak jauh berbeda dengan cetak gambar pada kaos seperti yang dijelaskan di link ini!

Setelah proses pencetakan gambar pada permukaan kain selesai, maka tahap selanjutnya adalah membuat bantal dengan menggunakan bahan dan peralatan yang telah disiapkan, seperti busa spon, dan mesin jahit. Jahit dan bentuk kulit bantal sesuai pola yang dikehendaki (bentuk bantal biasa, bulat, kotak, bentuk menyerupai boneka, atau lainnya). Bantal tersebut tentu dibuat dari kain yang telah diprint tadi.

Sebagai awal permulaan bisnis anda, buat saja bantal dengan bentuk yang mudah, karena yang lebih ditekankan (diistimewakan) pada usaha rumahan ini adalah gambar foto pada bantal. Setelah bantal selesai dibuat, tahap berikutnya adalah melakukan sentuhan-sentuhan terakhir, misalnya memberi hiasan, membersihkan dan merapikan produk, kemudian mengemasnya dengan sebaik-baiknya untuk diserahkan ke pelanggan.

Lakukan Promosi Usaha
Bantal foto atau juga dikenal dengan istilah personalized pillow merupakan salah satu usaha rumahan. Dalam pemasarannya, bisnis ini hanya melakukan produksi jika menerima pesanan (order) dari pelanggan. Oleh karena itu, selain dengan membuka toko (gerai) yang strategis, pelaku usaha sebaiknya juga melakukan promosi ke berbagai tempat, termasuk di dunia online, misalnya facebook dan blog (lihat tipsnya di sini), serta memperluas pemasaran dan penjualan lewat toko online atau iklan di situs-situs gratis seperti yang terurai di sini. Selamat berwirausaha..!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait