Tips Bisnis Khusus untuk PNS

Banyak aparatur PNS yang merasa gaji yang diterima setiap bulan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sekundernya, seperti membiayai pendidikan anak-anaknya, membeli roda empat, atau membeli rumah yang lebih lega. Oleh karena itu, mereka sering memanfaatkan waktu "pulang ngantor"nya untuk mencari penghasilan tambahan dengan melakoni kerja part time, home business, atau usaha lainnya. 

Nah, untuk anda yang berprofesi sebagai PNS, mungkin tips-tips berikut dapat menjadi bahan inspirasi dalam menjalani bisnis sampingan anda:

1. Tetap Berpegang pada Etika Kepegawaian 
Poin pertama yang wajib anda perhatikan tatkala anda menggeluti sebuah bisnis sampingan adalah tetap komitmen pada pedoman sebagai PNS. Kode etik yang tertuang dalam PP No 42 Tahun 2004, Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 1974 tentang Pembatasan Kegiatan PNS dalam Usaha Swasta, serta peraturan-peraturan lainnya yang menyangkut PNS wajib anda cermati dan dilaksanakan sebaik-baiknya. Jangan sampai kegiatan bisnis yang anda lakoni akan menurunkan produktivitas anda sebagai aparatur negara. Jangan pula memanfaatkan fasilitas pemerintah demi kepentingan bisnis anda. Sanksi dari lembaga dan sanksi sosial siap menanti anda.

2. Memanfaatkan Rekan Kerja di Instansi Anda sebagai Pangsa Pasar
Sebagai PNS, anda bekerja dalam suatu organisasi yang besar. Hal tersebut merupakan pangsa pasar yang potensial. Anda bisa memulainya dari sesama rekan kerja, bawahan anda, atasan anda, hingga ke teman-teman di instansi lain.

3. Jika Memungkinkan, Pilih Bisnis yg Terkait dengan Kebutuhan di Lembaga Anda
Jika anda bingung mau buka usaha apa, maka tips ke tiga ini bisa anda ikuti. Pilihlah jenis bisnis yang terkait dengan kebutuhan-kebutuhan di instansi anda. Misalnya membangun usaha percetakan fotocopy untuk memenuhi kebutuhan administrasi di kantor anda, atau membangun usaha catering jika di lembaga anda sering mengadakan seminar-seminar.

4. Buat Perencanaan dalam Memaksimalkan Hari Libur
Coba anda lihat kalender untuk 2 atau 3 bulan ke depan, tentu anda dapat mengetahui berapa jumlah hari liburnya. Manfaatkan hari-hari libur tersebut untuk pengembangan bisnis anda. Buatlah perencanaan-perencanaan strategi bisnis yang efektif sehingga usaha anda dapat menanjak secara maksimal.

5. Manfaatkan Fasilitas Kredit dan Bonus Tunjangan Anda
Salah satu keuntungan menjadi seorang PNS adalah kemudahan mengajukan aplikasi kredit, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun untuk bisnis dengan bunga terjangkau. Setiap kurun waktu tertentu, PNS juga diberi beberapa uang tunjangan, seperti insentif, remunerasi, uang lauk pauk, gaji ke 13 dan tunjangan lainnya yang sah menurut undang-undang. Manfaatkanlah dana-dana tersebut dengan bijak untuk membiayai dan memajukan bisnis anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait