Strategi Bisnis Kain Perca

Membangun usaha kraetif berbahan kain perca ternyata memiliki kendala dan tantangan tersendiri. Bahan baku yang terkadang kehabisan stock, persaingan produk sejenis dari industri, dan kendala dalam mempromosikan produk adalah beberapa hal yang dihadapi oleh pengerajin kain perca. Untuk membuat bisnis kecil tersebut dapat berkembang dan menghasilkan pendapatan yang melimpah, maka tips-tips usaha berikut mungkin dapat menjadi salah satu pendorong kemajuan usaha anda:

kerajinan perca
  • Menciptakan desain atau model produk yang unik. Hal ini akan membuat produk kain perca anda memiliki karakteristik tersendiri terhadap produk-produk sejenis. Selain itu, konsumen akan tertarik dengan nilai lebih yang ditawarkan dalam produk kreatif anda. Galilah ide-ide lucu dan inovatif sebanyak-banyaknya untuk mendobrak penjualan anda.

  • Menambah daya tarik kemasan. Produk yang bagus akan kurang terlihat menarik perhatian jika dikemas dengan cara yang kurang baik. Percantiklah kemasan produk anda, entah dari sisi kebersihan, kerapian, pemberian label atau merek produk, dan sebagainya. Dengan hal tersebut,  produk kreatif kain perca anda tentu tidak akan terlihat seperti produk murahan ("kacangan").
  • Manfaatkan moment dan event tertentu. Dalam membuat produk olahan kain perca, anda juga sebaiknya memperhatikan berbagai event besar yang akan berlangsung, misalnya hari besar agama, ulang tahun kota, dan lainnya. Ciptakan produk kain perca sesuai dengan tema momentum tersebut.

model kain perca

  • Made to order. Untuk dapat bersaing, sekaligus membantu dalam menambah kreatifitas anda, maka anda sebaiknya menjalankan konsep “bisnis made to order” atau menerima pesanan sesuai keinginan pelanggan.
  • Mengikuti trend yang sedang membumi. Strategi ini terbukti dapat meningkatkan omzet penjualan secara signifikan walau dalam waktu yang singkat. Jadi, perhatikan tren warna yang lagi booming, tren model yang sedang disukai, jenis motif yang sedang laku dipasaran, dan sejenisnya.

  • Lakukan promosi di berbagai tempat. Siapa yang akan mengetahui produk anda jika anda tidak melakukan promosi yang gencar. Manfaatkanlah jejaring sosial, seperti facebook dan twitter untuk mengiklankan produk anda, lihat di sini caranya! Banyak para pengerajin kain perca yang terbantu berkat mengikuti pameran- pameran. Oleh karena itu, anda harus aktif dalam event-event tersebut. Jika anda punya modal lebih, membuka toko online adalah jalan yang cukup efektif dalam memperluas pangsa pasar anda. 

Demikian sekilas gambaran tentang tips dan strategi menggeluti bisnis kreatif berbahan kain perca. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait