Memulai Usaha Kreatif Kain Perca

Menggeluti bisnis konveksi memang cukup menjanjikan keuntungan melimpah. Namun, bila modal yang anda miliki tidak memadai, mungkin membangun usaha dari bahan-bahan sisa konveksi adalah alternatif anda dalam mendatangkan rupiah. Usaha kerajinan berbahan kain perca merupakan salah satu bisnis kecil yang banyak dilakoni wirausahawan muda. Dengan modal yang lebih murah, ternyata mampu mendatangkan profit yang besar.

Kain perca adalah sisa-sisa potongan kain yang sudah tidak terpakai lagi. Kain perca ini bisa anda peroleh di perusahaan garment, konveksi, atau para penjahit. Biasanya kain perca ini hanya bisa digunakan untuk lap.

usaha kreatif kain perca
Namun, jika anda kreatif, bahan sampah kain tersebut bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat, bernilai seni tinggi, dan mengandung nilai ekonomis. 

Memulai Usaha
Langkah-langkah awal yang wajib anda lakukan dalam memulai usaha handycraft pengolahan kain perca antara lain:
  • Mencari Pemasok Kain Perca. Untuk mendapatkan bahan baku kain perca, anda sebaiknya mencari penjahit-penjahit terdekat di sekitar anda atau ke perusahaan-perusahaan konveksi. Sebaiknya anda membeli bahan kain perca tersebut dari berbagai lokasi guna mendapatkan variasi bahan yang berbeda.
  • Menentukan dan Sketsa Model Produk. Ada beragam karya handycraft yang bisa anda ciptakan dari potongan-potongan kain perca tersebut. Serbet, selimut galon, bed cover, keset lantai, tas cantik, dompet, bross baju, assesoris baju, hiasan kerudung, taplak meja, tas laptop, hingga lukisan dinding. Pilihlah model produk yang kira-kira berbeda, unik, dan diminati oleh pasar di wilayah anda.
  • Mempersiapkan Peralatan Kerja. Setelah anda memiliki ide dasar untuk menciptakan produk kain perca, maka langkah berikutnya adalah mempersiapkan bahan dan peralatan kerja, misalnya mesin jahit, gunting, jarum, benang, kertas model, dan sebagainya.
pola kain perca

  • Merekrut Tenaga Tambahan. Untuk memperbanyak jumlah produksi, anda membutuhkan pekerja tambahan. Agar lebih efektif, rekrutlah pekerja yang telah mahir dalam teknik menjahit.
  • Menentukan Sistem Penjualan dan Promosi Usaha. Dalam upaya promosi untuk meningkatkan penjualan produk berbahan kain perca, ada beragam cara yang bisa anda lakukan, misalnya sistem titip jual, mendirikan galeri sendiri, promosi dan menjual secara online.
Demikian sekilas tentang langkah-langkah memulai usaha kreatif pembuatan produk berbahan kain perca. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait