Membuka Bisnis Bola Billiard

Bola Billiard adalah salah satu bisnis hiburan yang cukup potensial dan memiliki stabilitas yang bagus. Permainan billiard memiliki daya tarik yang atraktif sehingga membuat penggemarnya sering “ketagihan”, khususnya bagi kaum adam. Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan hingga larut malam untuk bermain bola billiard.

Oleh karena itu, terjun ke bisnis hiburan bola billiard dapat dikatakan sebagai usaha yang tepat dalam mendatangkan rupiah. Bagaimanakah caranya memulai usaha bola billiard ini?

bisnis bola billiard
1. Melakukan Analisa Awal
Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah menganalisa untuk mengetahui bagaimana potensi usaha bola billiard di daerah anda. Jika di wilayah anda banyak terdapat kaum laki-laki, khususnya usia remaja yang sering terlihat memiliki waktu luang (tidak super sibuk), maka dapat diprediksi akan menjadi calon pelanggan usaha anda. Selain itu, pantau juga keadaan perekonomian warga di sekitar tempat usaha anda. Jika untuk makan saja susah, tentu kebutuhan sekunder untuk main bola billiard tidak menjadi penting bagi mereka.

2. Persiapan Tempat Usaha dan Peralatannya
Jika dari analisis anda diperoleh gambaran bahwa potensi bisnis hiburan bola billiard cukup menjanjikan, maka langkah berikutnya adalah “get action”. Mendirikan bisnis hiburan ini membutuhkan izin usaha. Jadi urus dulu izin usahanya! Langkah awalnya adalah memperoleh izin usaha di sekitar lingkungan tempat usaha anda. Selanjutnya adalah persiapan tempat, berupa gedung dengan ukuran tertentu, tergantung kapasitas usaha anda. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam bisnis bola billiard adalah meja billiard.

Ada bermacam-macam pilihan untuk pengadaan meja billiard, mulai dari harga 5 jutaan rupiah hingga di atas 20jutaan rupiah. Ukuran meja billiard ada yang 9ft, 8ft, 7ft, dan 6ft. Pilihlah meja billiard yang berukuran 7ft atau 8 ft sebagai sarana bagi para pemula. Merk yang populer di pasaran antara lain Pluto, De Belle, Extreme, Yupiter, dan Titaniom. Perlengkapan wajib lainnya adalah beberapa stick billiard, satu set bola, kartu remi, dan alat penggosok ujung stick.

3. Menyediakan Fasilitas Tambahan
Untuk menambah kenyamanan para pengunjung dalam bermain billiard, tentu anda harus memberikan fasilitas ekstra, misalnya sound system untuk musik pengiring, kipas angin, lampu yang bagus untuk penerangan, televisi untuk para antrian, dan sebagainya. Untuk usaha sampingannya, tambahkan pula lemari pendingin tempat minuman, kue atau snack.

4. Promosi Usaha
Lakukan berbagai promosi untuk menggencarkan laju bisnis anda. Buatlah paket-paket yang menarik, misalnya sistem keanggotaan, bonus untuk kunjungan yang ke sekian kalinya, kompetisi berhadiah, dan sebagainya. Sebagai tahap akhir, jangan lupa menyediakan pegawai yang menarik, ramah, dan profesional.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait