Kisah-kisah Sukses PNS yang Berbisnis Sampingan

Bolehkah seorang oknum PNS berbisnis? Jawabannya ada pada PP No.6 Tahun 1974 tentang Batasan Aktivitas PNS dalam Usaha Swasta. Beberapa poin penting yang tercantum dalam peraturan tersebut antara lain tentang jenjang kepangkatan PNS yang boleh dan dilarang melakoni bisnis, persyaratan dan izin yang wajib dipenuhi jika ingin menggeluti suatu bisnis, dan sebagainya. Dalam membangun sebuah usaha sampingan, hal utama yang patut dijaga adalah produktivitas dan kinerja anda sebagai aparatur pemerintah yang bekerja melayani masyarakat. Jika anda mampu profesional, mungkin anda akan masuk dalam kisah-kisah berikut ini.

Ada beragam cerita-cerita sukses dari oknum-oknum PNS yang memiliki bisnis sampingan. Ada yang dibangun secara mandiri, bersama keluarga, atau patungan usaha. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa cerita sukses PNS yang berhasil mendatangkan uang tambahan.

bisnis PNS1. PNS Berbisnis Sandal
Firmansyah adalah seorang PNS yang bekerja pada Kementerian Perdagangan di Jakarta Timur. Bisnis yang ia lakoni adalah sebagai produsen dan distributor sandal-sandal berbentuk unik. Nama bisnisnya adalah Sancu Creative Indonesia, dengan omzet sekitar 4 miliar per bulan. (sumber: http://liputan6.com/bisnis/read/725079/kisah-pns-yang-raup-miliaran-rupiah-dari-bisnis-sandal-lucu)

2. PNS Berbisnis Rental Mobil
Seorang oknum PNS di Makassar yang berinisial A (35thn) memiliki usaha sampingan berupa bisnis rent car dan pengadaan alat tulis kantor. Kedua bisnis tersebut dikelola oleh anak dan istrinya. Melalui usaha sampingannya tersebut, ia berhasil memperoleh penghasilan tambahan 10-20 juta rupiah setiap bulan. (sumber: http://okezone.com/read/2010/06/21/340/344943/ketika-pns-merambah-bisnis-sampingan)

bisnis rent car

3. PNS Berbisnis Percetakan
Zulfi Hamid adalah seorang PNS yang bekerja di Dinas Kesehatan di Kubu Raya. Setelah pulang ngantor ia menggeluti bisnis percetakan yang telah mampu meraih omzet 50an juta rupiah per bulan. Dengan dibantu puluhan karyawan, perusahaan percetakannya mampu melayani berbagai macam kebutuhan konsumen, termasuk baliho pilkada. (sumber: harian rakyat kalbar)

4. PNS Berbisnis Jacket Kulit
Tedy adalah seorang PNS yang mengabdi di Departemen Pertanian. Berawal dari ketertarikan rekan-rekan kerjanya terhadap jacket kulit yang ia pakai, Tedy kemudian membangun usaha sampingan yakni memproduksi dan memasarkan jacket kulit yang diberi nama T-DY Leather. Omzetnya terus berkembang hingga telah mencapai 80 juta rupiah setiap bulan. (sumber: bisnisukm.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait