Bisnis Kaos Kembar (Couple T-Shirt)

Dalam artikel - artikel bisnis yang dimuat di situs kerjausaha (dot) com, telah bahas tentang berbagai ragam varian dari bidang usaha yang berkaitan dengan sandang (pakaian). Banyak orang berpendapat bahwa bisnis fashion termasuk bidang usaha yang stabil. Hal tersebut tidak terlepas karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun, dalam bidang bisnis ini ternyata dilakoni oleh banyak pemain (baca pengusaha) yang memproduksi berbagai jenis pakaian, bahkan hingga yang lebih spesifik. 

Salah satu produk fashion yang ngetrend adalah Couple T-Shirt. Di China, permintaan konsumen terhadap produk kaos kembar atau kaos berpasangan telah mengalami peningkatan hingga 50%. Di Indonesia sendiri, produk-produk baju couple juga semakin laris manis. Bagaimanakah kiat-kiat terjun ke bisnis ini?

1. Memahami Apa itu Produk Couple T-Shirt
Kaos Cuople adalah jenis baju yang diproduksi dengan desain serupa dan dijual secara berpasangan, yakni satu untuk laki-laki dan satunya untuk perempuan. Produk kaos kembar ini biasanya ditujukan untuk para pasangan kekasih. Dengan memakai baju yang serupa tersebut, pasangan-pasangan kekasih biasanya merasa lebih terikat (mesra) dan mampu mengekspresikan jalinan tali cintanya ke lingkungan sekitar. Hal inilah yang merupakan daya tarik dari produk-produk pakaian kembar (couple). Namun karena sasarannya hanya lebih diutamakan kepada pasangan kekasih, maka pangsa pasarnya menjadi agak terbatas.

2. Menentukan Apakah Anda Ingin Menjadi Produsen atau Reseller
Langkah berikutnya adalah menentukan apakah anda ingin sebagai produsen atau hanya sebagai reseller. Sebagai produsen, anda wajib punya bengkel kerja yakni berupa usaha konveksi. Lihat di link ini untuk mengetahui bagaimana caranya memulai usaha konveksi. Sedangkan jika modal anda hanya mencukupi sebagai penjual, maka anda wajib menjalin kerjasama dengan pembuat produk-produk kaos couple tersebut. Di dunia maya, bisnis reseller telah berkembang pesat, misalnya konsep bisnis dropshipping. Silahkan lihat apa itu dropshipping di link ini!

3. Memilih Desain yang Menarik
Agar anda dapat bersaing dengan produk-produk fashion lain, anda wajib menciptakan atau menjual kaos couple yang berdesain unik, trendy, dan mampu menarik perhatian para customer. Desain gambar, perpaduan warna, sisi gaul, dan terkesan up to date menjadi hal yang wajib diperhatikan.

4. Dimanakah Sebaiknya Dipasarkan?
Baju atau pun celana berpasangan ini lebih menyasar pada kelompok remaja. Oleh karena itu, tempat-tempat di mana kaum remaja sering lalu-lalang adalah lokasi terbaik untuk memasarkan produk ini. Anda bisa memasarkannya di sekitar sekolah atau kampus, di mall, taman hiburan, atau membangun tempat usaha, seperti boutik dan distro. Selain itu, saat ini kelompok remaja sudah terbiasa menggunakan jejaring sosial, seperti facebook dan twitter. Untuk meningkatkan angka penjualan, sebaiknya anda memanfaatkan sosial network tersebut seperti yang telah dijelaskan di link ini.

5. Memanfaatkan Moment - Moment Tertentu
Menciptakan produk yang terkait dengan kejadian atau event tertentu dapat meningkatkan angkan penjualan yang signifikan. Dalam menjalankan bisnis penjualan kaos cuople, moment-moment tersebut harus anda tangkap dengan terencana, misalnya hari valentine, demam sepak bola piala dunia, hari-hari besar agama, event-event internasional, hingga termasuk demam korea (ada 5 bisnis yang memanfaatkan demam korea, buka di sini!). Dengan mengikui perkembangan zaman alias up to date, produk bisnis fashion anda akan selalu dinanti-nantikan oleh para konsumen.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait