5 Kunci Penting Membuat Logo Usaha yang Bagus dan Bombastis

Logo adalah wajah dari perusahaan anda. Logo usaha merupakan hal pertama yang diperhatikan orang dan paling sering dibayangkan oleh orang yang mendiskusikan perusahaan anda. Logo usaha adalah gambaran awal tentang siapa dan seperti apa bisnis yang anda bangun. Begitu pentingnya makna sebuah logo, tentu dalam pembuatannya harus dikerjakan dengan cermat dan penuh banyak pertimbangan.

Ada lima kunci penting yang wajib anda perhatikan dalam mendesain sebuah logo usaha yang bagus, menonjol, bombastic dan efektif. Kelima poin tersebut adalah:

1. Prinsip Kesederhanaan (Simplicity)
Banyak orang berpendapat bahwa logo yang simple memiliki kekuatan yang dahsyat dalam mempengaruhi otak manusia, dalam istilah kerennya disebut "The Killer Logo". Logo perusahaan Apple (pencipta iPhone dan iPad) yang awalnya berwarna-warni diubah menjadi konsep simplicity, yakni berwarna hitam polos atau putih glossy. 


Bagaimana caranya membuat logo yang simplicity? Solusinya adalah dengan semakin banyak menghilangkan elemen-elemen pada logo yang kurang penting. Contoh logo yang juga memenuhi unsur kesederhanaan ini adalah logo Coca-Cola.

2. Punya Kekuatan Memorability
Kunci penting berikutnya adalah membuat logo yang berkesan dan mudah diingat orang. Coba bayangkan jika logo Apple di atas tanpa gigitan (bite apple), mungkin akan terkesan biasa-biasa saja. Tapi dengan adanya sedikit gigitan, membuat logo ini menjadi unik, berbeda dari gambar apel pada umumnya dan yang penting memiliki daya memorability yang kuat.

3. Remarkability
Hal ke tiga yang membuat sebuah logo bisnis menjadi efektif adalah mempunyai kekuatan "remarkability", yakni tampak luar biasa dan menarik perhatian. Sebagai contohnya adalah logo mesin pencari di internet bernama TalentBin. Mesin pencari ini khusus untuk menemukan orang-orang berbakat yang ingin direkrut para perusahaan. Dalam logo promosinya, TalentBin menciptakan sosok kartoon Tupai Ungu menunggangi seekor kuda Unicorn. Meskipun tampak bod0h, namun logo tersebut punya daya tarik yang besar karena didukung oleh makna yang terkandung di dalam logo tersebut. Tupai ungu tersebut menggambarkan seorang pekerja keras (maksudnya para karyawan TalentBin) yang siap membantu anda (perusahaan yang membutuhkan kandidat terbaik).

4. Memiliki Keterkaitan dengan Brand Usaha Anda
Setiap perusahaan tentu memiliki visi, misi, dan pesan tersendiri sesuai dengan brand dan motto yang mereka usung. Oleh karena itu, dalam pembuatan logo, anda harus memikirkan hal ini. Misalnya kita ambil lagi contoh tentang logo Apple. Saat logonya dipenuhi warna pelangi (rainbow coloring), perusahaan Apple ingin memberikan kesan bahwa produk-produknya adalah sesuatu yang ceria, penuh kebebasan, dan mudah dibawa kemana-mana. Kemudian ketika mereka ingin mengubah image perusahaan dan produknya yang terkesan "sleek and futuristic", maka logonya diubah menjadi lebih simple.

5. Lakukan Survey
Hal terakhir yang sebaiknya anda lakukan untuk membuat logo yang bagus dan efektif adalah melakukan market research. Hal ini tentu akan menambah biaya dan menyita waktu anda. Tetapi, dengan memiliki gambaran awal dari respon pasar terhadap bagus tidaknya logo usaha anda, maka kemungkinan anda mengambil keputusan yang keliru akan dapat diminimalisir. (referensi: entrepreneur.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait