5 Hal yang Membuat Kegagalan Berwirausaha

Dalam perjalanan hidup, setiap orang pasti pernah mengalami keberhasilan dan kegagalan. Kedua hal tersebut harus disikapi dengan bijaksana. Dalam membangun sebuah tangga bisnis, perjalanan pasang surut bidang usaha yang kita kelola hanya menghadapkan pada dua pilihan, yakni kesuksesan atau kegagalan. Mengenai apa makna sukses bagi seorang pengusaha dapat anda lihat di sini!

Nah, untuk kali ini kerjasaha(dot)com akan menyampaikan apa itu kegagalan dan hal apa saja yang menyebabkan seorang wirausaha menemui kegagalan dalam bisnisnya. Kegagalan dapat diartikan sebagai sebuah kesuksesan yang tertunda, kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan, kegagalan adalah takdir hidup yang memberikan kesempatan kita untuk banyak belajar dan beradaptasi, dan kegagalan adalah laksana bola karet dimana semakin tinggi kita terjatuh semakin tinggi pula lompatan kita untuk menduduki puncak.

penyebab kegagalan bisnis
Dalam perjalanan membangun kerajaan bisnis, kegagalan dapat disebabkan oleh beragam faktor. Blog kerja-usaha mencoba merangkumnya berdasarkan susunan huruf yang membentuk kata GAGAL tersebut. Jadi hal-hal yang membuat seorang pengusaha menemui kegagalan adalah:

1. Gelap Wawasan
Jangan mencoba membangun sebuah bidang usaha jika anda sama sekali tidak tahu secara mendetail tentang seluk-beluk usaha tersebut. Gelap pengetahuan dan gelap wawasan tentang bisnis yang anda jalani hanya akan membawa anda pada jalan buntu dan kehancuran. Oleh karena itu, agar anda tidak terjerumus dalam kegagalan berbisnis, maka usirlah kegelapan tersebut dengan cara banyak belajar dan bertanya.

2. Asal-asalan
Faktor kedua yang membuat seorang wirausaha menemui lobang kegagalan adalah karena asal-asalan. Ia mungkin tidak memiliki perencanaan bisnis yang jelas, bertindak tanpa perhitungan yang tepat, atau asal-asalan saja memilih bidang usaha karena tergiur keberhasilan orang yang telah menjadi entrepreneur sukses. Jadi, jangan memilih dan menjalani bisnis secara asal-asalan.

3. Gak Punyak Modal Cukup
Mungkin hal ketiga ini masih menjadi perdebatan. Kan banyak orang yang sukses dengan modal yang kecil! Namun ada lebih banyak lagi orang-orang yang gagal karena modal usahanya "Gak cukup". Dalam perjalanan memulai suatu bidang usaha, pasti akan ada banyak hal tak terduga yang membuat anggaran modal usaha tergerus dengan cepat. Sehingga ketika mereka telah berhasil mengatasi hal-hal tak terduga tersebut, ternyata modal usahanya telah kosong, dan akhirnya gulung tikar. Untuk menyiasati kondisi minim modal tersebut, silahkan anda baca tips-tips berikut!

4. Acuh Tak Acuh
Hal ke empat yang membuat seseorang terjebak dalam kegagalan adalah karena acuh tak acuh terhadap berbagai situasi dan kondisi (baik internal maupun eksternal) yang berpengaruh terhadap bisnisnya. Misalnya, mengacuhkan keinginan konsumen, mengacuhkan harapan para pekerja untuk mendapat upah yang layak, mengacuhkan situasi perekonomian nasional, dan sebagainya. Jika ingin sukses, anda harus concern terhadap berbagai unsur dan indikator yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kemajuan bisnis anda.

5. Lengah (Lost of Focus)
Huruf L dalam akronim GAGAL adalah Lengah atau kurang fokus. Agar kata gagal tidak menggerogoti bisnis anda, maka anda harus senantiasa buka mata untuk menemukan peluang-peluang usaha, anda harus pasang telinga untuk mengikuti perkembangan bisnis terkini, mawas diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi dan stay on focus dalam membangun kerajaan bisnis anda.

bisnis gagal

Demikianlah lima hal yang membuat seorang entrepreneur menemui kegagalan. Ketika anda menemui kegagalan, anda akan dihadapkan pada dua jalan, seperti yang tercantum dalam gambar berikut! Your choice, your way...

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait