3 Cara Berhenti Sibuk, Tetapi Menjadi Produktif

Banyak orang yang merasa pusing dan stress karena kesibukannya. Agenda - agenda kegiatan yang telah dijalani membuat mereka merasa capek, namun dengan hasil yang tidak sesuai harapan. Stress pun menjadi biang kerok turunnya vitalitas tubuh mereka. Mungkin anda sebaiknya juga membaca 7 cara mengurangi tingkat stress ditempat kerja pada link ini! Dalam menjalankan aktivitas anda sehari-hari, baik saat bekerja maupun melakoni kegiatan bisnis, yang terpenting adalah bagaimana caranya agar anda menjadi produktif, bukan terlihat sibuk tanpa hasil yang jelas. 

Situs kerja usaha mencoba menguraikan tiga hal yang bisa anda terapkan dalam upaya menjadi produktif, bukan sibuk.

kantor sibuk
1. Tentukan Fokus Utama Anda Saat Ini
Menentukan fokus terhadap apa yang menjadi tujuan utama anda adalah langkah awal dalam mengurangi aktivitas-aktivitas yang tidak berguna bagi produktifitas anda. Susunlah skala prioritas yang menjadi tujuan bisnis atau pekerjaan anda dalam waktu tertarget, misalnya prioritas satu jam, hari ini, seminggu ke depan, dan seterusnya.

Jika anda terbiasa melakukan dua atau tiga jenis pekerjaan dalam rentang waktu yang sama (multitasking), maka coba amati pengalaman anda dalam waktu seminggu ke depan. Cermatilah aktivitas mana yang memberi tingkat kesibukan besar, tetapi hasil minimal, dan bahkan mengganggu tujuan - tujuan dari aktivitas anda yang lain.

2. Kurangi Kata "Harus" dalam Mindset Anda
Kata "harus" terkadang memiliki energi negatif dalam pikiran. Ia akan menjadikan pikiran anda dipenuhi beban yang besar sehingga mengganggu aktivitas dan produktifitas otak anda. Memang dalam aktivitas mingguan, kita wajib memiliki daftar prioritas yang "harus" kita capai. Namun jika kata "harus" (baca daftar prioritas) dalam satu minggu tersebut kita masukkan semuanya ke otak kita, maka diri kita akan selalu dibayang-bayangi kecemasan. Jadi masukkan kata "harus" ke dalam benak anda (hanya) sesuai dengan jadwal prioritas.

3. Singkirkan Segala Macam Gangguan
Dalam mencoba produktif, gangguan berupa visual maupun suara adalah musuh anda. Gangguan visual seperti tumpukan kertas, orang yang lalu lalang, gambar televisi, dan sebagainya sering membuat kita mengalihkan perhatian dari tugas atau pekerjaan kita. Gangguan suara seperti suara musik, dering ponsel, suara kendaraan, dan sebagainya juga dapat memecah fokus kita.

Jika anda bisa mengendalikan gangguan-gangguan tersebut, misalnya suara ponsel, notifikasi email di komputer, mematikan tv, dan lainnya, maka anda dapat mencapai produktifitas secara maksimal tanpa dibuat lelah oleh aktivitas-aktiitas yang terkesan sibuk. Lakukan secara perlahan-perlahan untuk menerapkan kebiasaan tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait