10 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk PNS

Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu jenis profesi yang difavoritkan oleh pemuda - pemudi di Indonesia. Gaji yang mencukupi, kehidupan yang stabil, beragam tunjangan, dan jaminan gaji pensiun di hari tua adalah beberapa poin yang menjadi daya tariknya. Namun, tidak semua orang berminat untuk menjabat sebagai abdi negara tersebut. Kenapa?? Karena mereka menganggap "Menjadi PNS takkan pernah bisa mengembangkan diri untuk menjadi kaya raya.

Sebesar apa pun kerja keras anda di kantor, penghasilan yang anda peroleh tetap dibatasi oleh jenjang kepangkatan dan masa pengabdian". Mungkin argumen tersebut ada benarnya juga.

PNSNah, menyadari hal tersebut, banyak aparat PNS yang menggali ide dan membangun bisnisnya sendiri demi mencapai impian hidup yang diharapkan. Bila anda termasuk seorang PNS yang ingin berencana membangun usaha sampingan di luar jam kerja anda, mungkin pilihan bisnis berikut bisa menginspirasi anda. Ragam bisnis yang disajikan berikut telah mempertimbangkan unsur rutinitas harian dan jam kerja anda sebagai pegawai negeri sipil. Anda juga sebaiknya membaca PP No 6 Tahun 1974 yang menjelaskan tentang aturan-aturan PNS dalam menjalankan usaha swasta.

1. Toko Fashion
Bisnis fashion tak pernah ada kata matinya. Anda bisa membangun sebuah toko pakaian, entah itu berupa distro, butik, toko baju anak, galeri baju gamis, atau konsep lainnya. Toko bisa anda buka setelah pulang ngantor, dari jam 5 sore sampai 11 malam atau mulai dari pagi dengan mempekerjakan seorang karyawan.

2. Bimbel / Kursus
Banyak orang tua yang kini mulai menyadari pentingnya ilmu dan pendidikan bagi putra-putrinya. Bagi anda yang memiliki kepandaian dalam seni mengajar dan melatih, maka bisnis ini cocok untuk anda lakukan. Kursus komputer, kursus bahasa, bimbingan belajar anak, kursus musik, dan keterampilan lainnya adalah pilihan yang bisa anda coba. Mungkin juga anda tertarik dalam waralaba bidang pendidikan.

3. Bisnis Penyewaan Barang
Salah satu keuntungan menjadi PNS adalah kemudahan dalam mendapatkan bantuan kredit untuk modal usaha. Hal ini bisa anda manfaatkan dalam mencoba bisnis sewa-menyewa barang dan peralatan. Cobalah perhatikan lingkungan di sekitar anda, apa saja jenis barang atau peralatan yang bisa anda sewakan? Mungkin tenda, peralatan pesta, mesin, motor pengangkut barang atau lainnya. Mulailah dengan melakukan analisa!

4. Bisnis Makanan atau Minuman
Dengan rutinitas jam kerja dari pagi hingga sore, maka usaha memproduksi makanan atau minuman bisa anda kerjakan setelah ngantor. Ada ratusan jenis kuliner dan bavarage yang bisa anda pilih untuk produk usaha anda, mulai kue kering, keripik, nata de coco, teh dalam cup, dan lainnya. Jika bisnis anda telah menunjukkan hasil, maka bersiaplah untuk merekrut karyawan baru.

5. Blogger atau Penulis
Menjadi Blogger termasuk pekerjaan yang bisa anda lakukan sesuka hati anda (fleksibel time). Bisnis online ini adalah salah satu tambang uang yang potensial. Anda bisa menulis ragam informasi di blog anda sesuai dengan bidang yang anda kuasai. Cara menghasilkan uangnya adalah dengan bekerjasama dengan para broker iklan, misalnya Google Adsense, Yahoo Ads, dan PPC Lokal lainnya. Jika anda punya bakat menulis, maka anda bisa memproduksi buku. Silahkan lihat di sini tentang beragam jenis penghasilan dari dunia internet!

6. Bisnis Pulsa
Ada puluhan rekan kerja yang bersama anda dalam tempat kerja di satu instansi. Dan pastinya 99% telah memiliki ponsel. Ini celah bisnis yang bisa anda optimalkan untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan melayani kebutuhan komunikasi mereka. Proses transaksinya takkan mengganggu aktivitas kerja anda, karena biasanya dapat dilakukan kurang dari semenit. Silahkan baca di sini tentang petunjuk berbisnis pulsa!

7. Bisnis Keagenan
Ada banyak pilihan bisnis yang membutuhkan agen, entah itu yang mengharuskan anda mendirikan tempat usaha, seperti agen pupuk dan agen tiket pesawat, atau agen mandiri misalnya asuransi, oriflame, sophie martin, dan lainnya. Dengan jumlah rekan kerja yang banyak pada instansi anda, maka hal tersebut merupakan pangsa pasar yang potensial.

8. Menjadi Makelar
Apakah anda termasuk orang yang komunikatif dan pandai dalam urusan rayu-merayu? Mungkin bisnis makelar bisa menjadi jalan anda dalam menghasilkan uang. Makelar mobil, tanah, dan properti adalah contoh konkritnya. Pintar-pintarlah menemukan celah, perluas jaringan teman anda, serta manfaatkan hari libur anda.

9. Bisnis Ternak
Para PNS di daerah pedesaan sering memanfaatkan rentang waktu "pulang ngantor"nya dengan memelihara ternak, seperti sapi, ayam petelur, burung, jangkrik, ikan, peternakan cacing sutra dan lainnya. Untuk mengurus ternak saat jam ngantor, mereka biasanya mempekerjakan karyawan.

10. MLM
Multi Level Marketing adalah salah satu model bisnis yang bisa menghasilkan pendapatan yang melimpah. Ada ratusan produk MLM yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi masyarakat di sekitar anda. Namun, anda harus berhati-hati dengan penipuan. Teman-teman kerja, kepala instansi atau bawahan anda adalah target awal yang potensial untuk memperluas jaringan bisnis MLM yang anda ikuti. Bisnis ini membutuhkan ekstra kerja keras agar cepat berhasil.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait