Tips Berkaraoke dengan Rekan Bisnis

'Berkaraoke bersama' menjadi salah satu cara dalam mengakrabkan suatu komunitas, baik itu sesama anggota keluarga, teman sebaya, anggota sebuah organisasi, hingga sesama rekan kerja. Karaoke adalah jalan yang cukup efektif untuk bersosialisasi dan merekatkan hubungan dalam urusan bisnis. Ketika partner bisnis anda membutuhkan hiburan, maka pergi ke tempat karaoke bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

Namun, dalam kegiatan nyanyi tersebut, ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan agar tidak membuat acara tersebut menjadi kurang menyenangkan atau bahkan menjadi boomerang bagi bisnis dan karir anda. Berikut adalah beberapa tips bagi anda yang berencana mengajak atau mengikuti rekan-rekan bisnis anda dalam acara karaoke bersama.

usaha karaoke1. Ciptakan Keceriaan
Tujuan utama karaoke adalah bersenang-senang. Nikmati saja suara-suara fals dari rekan-rekan anda, dan jangan pernah mengharapkan suara emas. Meskipun teman bisnis anda sering salah lirik atau tempo yang tidak pas, nikmati saja sebagai sebuah hiburan yang menyenangkan.

2. Etika Bertepuk Tangan
Berikan selalu tepuk tangan yang meriah sesaat sebelum dan setelah show berakhir, meskipun suara yang dikumandangkan parter bisnis anda memekikan telinga. Tapi justru itulah hiburannya. Sebaiknya anda jangan bertepuk tangan sebelum lagu berakhir, karena itu artinya meminta rekan anda untuk berhenti bernyanyi. Jika anda bertepuk tangan untuk mengiringi nyanyian teman anda, maka perhatikan tempo tepukan anda.

3. Lupakan Sejenak Urusan Bisnis
Berkaraoke bersama mitra usaha atau pun dengan si boss bertujuan untuk melupakan kepenatan dan masalah-masalah yang dihadapi di kantor. Oleh karena itu, jangan biarkan topik-topik yang memusingkan kepala itu terungkap lagi di ruang karaoke. Jadi, sebaiknya hindari membicarakan masalah-masalah bisnis saat acara karaoke.

4. Tips Memilih Lagu
Lupakan sejenak lagu favorit anda, jika seandainya lagu tersebut tidak populer. Pilihlah lagu yang sudah dikenal dan disukai banyak orang, agar rekan-rekan anda bisa menikmati lantunan lirik-lirik lagu tersebut. Di tempat ruang karaoke biasanya terdapat puluhan-ratusan pilihan lagu yang bisa anda pilih. So, saat giliran anda bernyanyi, pilihlah lagu yang belum dinyanyikan oleh rekan-rekan bisnis anda agar suasana menjadi tidak membosankan.

5. Jangan Menguasai Mic Sendiri
Saat anda berkumpul bersama dengan para parter bisnis anda di ruang karaoke, maka hindari penguasaan mic sendiri. Secara tidak tertulis ada aturan menyatakan bahwa satu orang satu kesempatan bernyanyi. Meskipun anda memiliki suara bagus, bukan berarti anda harus nyanyi berkali-kali, kecuali diminta oleh rekan-rekan bisnis anda. Sabarlah menunggu giliran anda dan berikan semua orang kesempatan yang sama.

6. Jangan Pernah Mengganggu
Berikan kebebasan parter bisnis anda untuk melantunkan suara dan ekspresinya. Jangan mengacau dengan aksi yang mengganggu, mengajukan intrupsi, menciptakan suara-suara aneh, atau pun mencoba mengiringi lagu tanpa diminta. Hindari pula kondisi mabuk berat karena minuman keras.

7. Jangan Memaksa Orang Lain Menyanyi
Tidak semua orang berani bernyanyi di depan orang banyak. Apa lagi jika tidak confidence dengan suaranya. Jangan pernah memaksa salah satu rekan bisnis anda untuk menyumbangkan suaranya jika ia benar-benar masih malu. Ciptakan saja suasana yang happy. Siapa tahu parter bisnis yang malu-malu atau pendiam tersebut akhirnya berani dan bersedia bernyanyi bersama di ruang karaoke! Demikian sekilas tentang tips-tips berkaraoke bersama parter bisnis atau dengan si boss! Selamat berkaraoke ria...!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait