Ragam Pekerjaan yang Berkaitan dengan Satwa Liar

Satwa dan alam liar adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dari para pecinta petualangan. Mungkin tak banyak orang yang tertarik untuk terjun dalam profesi yang berkaitan dengan alam liar, apa lagi jika menyangkut tentang binatang-binatang buas. Tentu orang-orang akan berpikir dua kali mempertimbangkan pekerjaan yang menantang ini. Namun, bagi mereka yang tidak betah bekerja dalam ruang kantor yang rapi, dan ingin terjun langsung ke lapangan, maka profesi yang terkait dengan alam liar (termasuk satwa dan floranya) merupakan pilihan yang menarik. Inilah beberapa ragam pekerjaan yang merupakan bagian dari "wildlife career" yang banyak dilakoni orang-orang di seluruh dunia.

1. Ilmuwan Ahli Forensik untuk Satwa Liar
satwa liar
Tugas seorang ahli forensik untuk hewan-hewan liar adalah mengevaluasi dan menganlisis sample-sample biologi yang telah dikumpulkan. Para ahli ini harus menyimpulkan hasil penelitian terhadap species satwa liar tersebut. Seorang "wildlife forensic scientist" bisa bekerja di lapangan atau pun di dalam laboratorium. Di negara-negara barat, gaji rata-rata seorang ilmuwan forensik satwa liar sekitar 50ribu dollar Amerika tiap tahunnya.

2. Penjaga Kebun Binatang
Satu lagi jenis pekerjaan yang berkaitan dunia satwa adalah menjadi penjaga kebun binatang (zoo keeper). Tugasnya adalah memastikan kesehatan dan keselamatan hewan di kebun binatang. Sementara posisi jabatan di atasnya adalah direktur kebun binatang atau zoo director. Menurut data Indeed.com Mei 2013, gaji rata-rata tahunan seorang Zoo Director di Amerika sekitar US$ 90.000.

3. Ahli Biologi Kelautan
Pekerjaan terkait dengan satwa liar bukan hanya berada di daerah hutan dan padang sabana saja, tetapi juga termasuk di kawasan perairan. Profesi sebagai ahli biologi kelautan atau marine biologist adalah bidang pekerjaan yang bertugas meneliti spesies akuatik untuk tujuan tertentu, seperti akademis, riset, atau privat industri. Penghasilan yang dikumpulkan tiap tahunnya antara 40ribu hingga 100ribu dollar Amerika.

4. Wildlife Biologist
Karir sebagai ahli bioloi satwa liar (wildlife biologist) bertugas melakukan penelitian terhadap populasi hewan tertentu di alam liar. Kegiatan mereka adalah memonitor perkembangan populasi, mengamati habitat satwa, dan mengembangkan strategi untuk menjaga eksistensi hewan tersebut. Jumlah gaji yang diterima oleh seorang wildlife biologist di Amerika Serikat tiap tahunnya rata-rata 60ribu dollar atau kurang lebih 600jutaan rupiah.

5. Fish and Game Warden
Dalam bahasa Indonesia, profesi ini mungki dapat diterjemahkan sebagai polisi hutan dan polisi air. Tugas seorang Fish and Game Warden  adalah menjaga kehidupan satwa liar yang dilindungi (termasuk hewan air) dari ancaman perburuan yang tidak memiliki izin. Biasanya profesi ini merupakan pegawai negeri sipil yang bertugas pada area tertentu. Gaji per tahun seorang fish and game warden di negara-negara barat rata-rata sekitar 50ribu dollar Amerika. (referensi about.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait