Cara dan Tips Berbisnis Oriflame

Oriflame adalah sebuah merek dagang yang berkutat pada produk - produk kecantikan wanita, seperti skin care, make up, body care, accessorise, nutrishake, dan lainnya. Produk - produk oriflame merupakan buah karya dari dua orang berkebangsaan Swedia bernama Jonas af Jochnick dan Robert af Jochnick. Produk Oriflame telah merambah ke lebih dari 60 negara dengan omset sekitar 1,5 milyar uero tiap tahunnya. Di Indonesia, produk Oriflame mulai masuk sekitar era 80an, dan kini semakin populer berkat kemajuan media massa termasuk jejaring sosial. 

Untuk memperluas dan memperkokoh jaringan bisnisnya, perusahaan Oriflame melakukan berbagai strategi bisnis, salah satunya adalah dengan program Multi Level Marketing. 

produk oriflameNah, bagi anda kaum wanita yang tertarik dengan produk-produk kecantikan, maka hal tersebut merupakan sebuah celah bisnis yang cukup bagus. Seperti kata pepatah, “Menyelam sambil minum air”, artinya sembari tampil cantik dan modis, anda dapat menghasilkan rupiah. Bagaimanakah caranya memulai berbisnis dalam jaringan Oriflame?

Pertama anda harus mendaftar sebagai member consultant. Pendaftaran bisa dilakukan melalui konsultan yang telah eksis di wilayah anda atau secara online pada member-member konsultan yang telah memiliki website. Selain itu pendaftaran juga bisa dilakukan di kantor cabang di wilayah anda, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Manado, dan lainnya. Biaya registrasi ini sebesar Rp 49.900 (pada september 2013), dan anda akan memperoleh kartu keanggotaan dan starterkit (panduan bisnis). 

Langkah selanjutnya adalah anda harus memahami jenis bisnis yang akan anda kembangkan. Ada dua macam cara dalam menghasilkan rupiah dalam Oriflame, yakni menjual produk kepada orang lain dan merekrut anggota baru untuk bergabung dalam jaringan bisnis Oriflame. Jika anda telah resmi menjadi member konsultan Oriflame, anda akan mendapatkan potongan harga 30% untuk setiap item produk yang anda pesan. Jika ada seorang teman anda yang membeli produk dengan harga 200.000 rupiah, maka (200.000x30%) Rp 60.000 berhak masuk ke kantong anda (jangan lupa ada pajaknya). Sementara, untuk perekrutan member baru akan membuat anda berpeluang mendapatkan cashback, reward, dan komisi yang besar, tergantung seberapa banyak downline yang anda miliki.

Bagaimanakah kiat-kiat agar sukses menggeluti bisnis di Oriflame? Silahkan anda simak tips-tips berikut ini:

1. Pahami dengan Jelas Konsep Bisnis Oriflame
Tips pertama yang harus anda cermati adalah memahami sedetail-detailnya tentang tata aturan dalam bisnis di jaringan Oriflame. Misalnya massa keanggotaan yang hanya 1 tahun dan harus diperpanjang tiap tahunnya, jumlah diskon produk yang akan anda peroleh, tata cara pembelian dan pembayaran produk (online dan offline), program promosi welcome, mengerti tentang apa itu BP, mamahami persentase keuntungan downline yang berhak menjadi milik anda, jenis-jenis tingkatan consultant, dan masih banyak lagi lainnya. Jadi jangan terburu-buru dulu, harus dipelajari dengan cermat agar anda bisa menentukan langkah-langkah yang efektif.

2. Tampil Sempurna, Buktikan Kualitas Produk-produk Oriflame
Dalam berbisnis di Oriflame, pendapatan melimpah akan anda peroleh jika mampu memiliki downline (bawahan) yang banyak, karena komisi akan semakin besar, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah perbulan, apalagi jika downline anda banyak melakukan transaksi. Nah, untuk merekrut keanggotaan baru bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika mereka sebelumnya telah tahu tentang konsep multi level marketing (MLM). Oleh sebab itu, cara yang paling efektif untuk menarik minat keluarga dan sahabat anda adalah dengan memberikan bukti nyata. Gunakan produk-produk Oriflame, lalu pamerkan kepada mereka tentang seperti apa kualitas dan keunggulan Oriflame. Jika anda mampu tampil lebih baik dengan menggunakan produk-produk Oriflame, maka kinerja bisnis anda (baik menjual produk maupun merekrut member baru) akan lebih lancar. Sebaiknya agar lebih efektif, anda harus memahami mode dan kecantikan agar bisa memberikan saran yang baik.

3. Manfaatkan Media Sosial atau Blog
Saat ini, media sosial seperti Facebook dan Twitter adalah sarana yang efektif untuk promosi bisnis. Jika anda suka Facebookan atau Ngetweet ataupun menggunakan jejaring sosial lainnya, maka harus anda integrasikan dalam bisnis anda. Cari pertemanan yang luas, guna memperluas kesempatan promosi bisnis anda, baik untuk menjual produk Oriflame maupun mencari member baru. Jika anda punya sedikit modal, maka buatlah blog atau pun website untuk memperluas jangkauan  bisnis anda. Lihat di sini tentang cara menggunakan Facebook untuk bisnis.

4. Menjadi Consultant yang Baik
Ketika anda telah memiliki beberapa downline, maka berikan support yang bagus. Sebagian konsumen maupun member baru membutuhkan informasi yang mendetail, baik terkait produk, mode kecantikan ataupun tentang bisnis Oriflame. Layani mereka sebaik-baiknya agar dapat berkembang dan pada gilirannya  mampu membesarkan pundi-pundi rupiah anda. Aktif dan Ikuti kegiatan seminar-seminar ataupun event-event yang diselenggarakan Oriflame. Anda harus selalu up to date tentang katalog produk Oriflame terbaru. Jadi, rajin-rajinlah mengunjungi situs Oriflame di www.oriflame.com!

5. Jangan Terlalu Ambisius, Jalani dengan Santai
Tips berikutnya adalah jangan terlalu ambisius untuk memperolah hasil yang cepat dan melimpah. Semuanya butuh proses dan kerja keras. Jalanilah dengan santai. Walaupun bisnis anda “mandeg/mentok”, paling tidak anda telah mendapatkan manfaat dari produk-produk Oriflame yang anda beli. Demikian sekilas tentang cara memulai dan tips berbisnis produk Oriflame, salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait