Hal Lain yang Dipertimbangkan Sebelum Memulai Usaha

Bosan menjadi menjadi pengangguran? Jenuh menjadi karyawan dengan gaji kecil? Mengapa tidak membangun usaha mandiri saja! Demikianlah solusi umum dalam memecahkan permasalahan tersebut. Namun untuk membangun sebuah kewirausahaan bukanlah hal yang mudah. Modal adalah kendala utama dalam mewujudkan keinginan tersebut. Asalkan punya modal yang cukup, maka kita dapat terjun ke bidang bisnis manapun.

Tetapi ternyata, walaupun punya dana usaha yang melimpah, tak berarti usaha yang akan kita lakoni akan berjalan mulus. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membangun bisnis mandiri, ada hal-hal lain yang wajib kita pertimbangkan sehingga kelak tidak bangkrut di tengah jalan. Inilah 5 hal lain yang patut anda perhatikan!

pengusaha kaya sukses
Pengusaha Sukses
1. Keinginan (Minat)
Jangan hanya berpaku pada keuntungan dan prospek bisnis semata. Dalam memulai usaha, perhatikan juga seberapa besar minat atau keinginan dalam diri anda terhadap bidang bisnis yang akan dikerjakan. Membangun bidang bisnis yang anda suka dan cintai lebih baik daripada mengikuti trend usaha yang terlihat prospektif.

2. Kesiapan Mental
Menjadi seorang pengusaha, meskipun pengusaha kelas teri, ternyata memerlukan keteguhan fisik dan psikis, misalnya saja saat menghadapi konflik dengan karyawan yang malas. Jika masih takut dengan segala resiko yang ada, maka artinya anda belum siap membangun usaha secara mandiri.

3. Side Job
Mengundurkan diri sebagai karyawan dan mencoba menjadi pengusaha mandiri ternyata laksana orang yang memanjat pohon kelapa. Jika kuat berpegangan akan mencapai puncak dan memetik buah, namun bila salah sedikit akan jatuh menyakitkan. Menyimak perumpamaan tersebut, maka keputusan menjadi pengusaha penuh dengan tantangan dan resiko. Nah jika masih ragu, coba pertimbangkan job-job lain yang bisa menghasilkan uang, sehingga anda tidak perlu keluar dari perusahaan atau meminjam modal usaha yang bunganya tinggi.

4. Dukungan Orang-orang Sekitar
Hal lain yang mesti anda perhatikan adalah bagaimana dukungan orang-orang di sekitar anda. Apakah orang tua, pasangan, dan teman-teman anda memberikan dukungan yang positif terhadap rencana anda. Jika mereka ragu, carilah penyebabnya! Renungkan apa saja yang membuat mereka menganggap anda belum pantas menjadi seorang pengusaha!

5. Punya Big Picture
Terjun sebagai seorang pebisnis tidaklah mudah, namun bukanlah hal yang sulit. Untuk sukses, maka sebelum memulai membangun usaha anda harus punya gambaran besar (big picture) yang benar-benar jelas tentang bidang bisnis yang akan anda jalani. Anda harus tahu siapa saja kompetitornya, apa saja kendalanya, solusi-solusi apa yang akan anda lakukan, gagasan dan inovasi apa yang membuat anda berbeda, rencana cadangan apa yang akan anda tempuh jika gagal, dan masterplan bisnis lainnya. Dengan memiliki dan memahami "big picture" tersebut, niscaya anda akan mampu bertahan dalam usaha yang anda jalani.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait