Cara Sukses dalam Jaringan Bisnis MLM

Multi Level Marketing (MLM) merupakan salah satu pilihan strategi marketing dalam memasarkan produk bisnis yang ditawarkan. Berbagai jenis produk seperti obat-obatan, barang elektronik, asuransi, kendaraan bermotor, hingga produk fashion bisa menerapkan sistem marketing ini. Program pemasaran MLM menggunakan sistem jaringan (networking).

Ada pihak yang berposisi sebagai up line yang membawahi beberapa down line secara berjenjang, sehingga jika disusun menyerupai piramida. Seseorang yang telah sukses menjaring beberapa downline akan merasakan enaknya bisnis ini. Berbagai bonus dan komisi akan diperoleh secara berkala sesuai dengan kesepakatan atau aturan perusahaan.

gambar mlm multi level marketing

Namun untuk menempati posisi lebih tinggi tersebut, bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang wajib dilakukan, apa lagi masih berstatus sebagai pemula. Untuk sukses dalam ceruk bisnis ini, ada beberapa tips yang patut anda simak, diantaranya:

1. Kembangkan Keahlian Persuasif
Kunci utama kesksesan menjalankan bisnis model MLM adalah kemampuan mempengaruhi seseorang. Hindari menggunakan strategi bahasa yang muluk-muluk, karena saat ini orang-orang mulai pintar dan waspada. Paparkan bisnis anda dengan alur yang mudah diterima logika. Jelaskan alasan-alasan rasional mengapa mereka harus ikut dalam bisnis model MLM yang anda tawarkan.

2. Cintai Sistem Bisnis Ini
Keberhasilan persuasif juga dipengaruhi sejauh mana gairah anda terhadap model bisnis yang anda paparkan. Jika sorot mata dan mimik wajah anda menunjukkan hasrat yang besar terhadap produk bisnis MLM yang anda geluti, maka peluang anda memperoleh "kaki-kaki" akan lebih besar. Sebelum mau bergabung, orang-orang biasanya melakukan analisa terhadap bisnis MLM tersebut, termasuk menganalisa kinerja anda.

3. Jangan Terlalu Berorientasi Pada Rekrutmen Downline
Downline memang bagian terpenting dalam mewujudkan kesuksesan bisnis model MLM tersebut. Jika anda bergabung dalam suatu jaringan bisnis model MLM, maka sebaiknya jangan terlalu fokus mencari 1001 cara dalam memperluas jaringan. Tetaplah utamakan kualitas produk bisnis yang ditawarkan. Coba bayangkan apa jadinya jika produk bisnis (misal obat herbal) yang anda pasarkan dalam MLM berkualitas rendah. Atau misalnya produk polish yang di'MLM'kan terlalu ribet. Tentu perlahan-lahan akan menjatuhkan bisnis utama. Jadi, jika anda ingin terjun menjadi bagian dari bisnis model Multi Level Marketing, maka pilih-pilihlah produk bisnis yang akan dipasarkan.

4. Kuasai Produk Apa yang Ditawarkan
Kepiawaian menarik minat orang lain untuk turut bergabung dapat dilihat dari seberapa besar pengetahuannya terhadap produk bisnis yang ditawarkan. Anda harus benar-benar mengusai detail produk dan aturan bisnis yang ditawarkan dalam model MLM, sehingga dapat menjawab beragam pertanyaan dari calon-calon downline anda.

5. Hindari Ragam Kesalahan
Tips terakhir yang wajib dilakukan untuk sukses dalam jaringan bisnis MLM adalah sebisa mungkin menghindari beragam kesalahan. Beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis Multi Level Marketing antara lain: presentasi yang terlalu muluk-muluk, tidak terbentuk timwork yang solid antara downline dan upline, tidak memiliki kelengkapan surat izin dari pihak berwenang, bersikap memaksa kepada para calon member, perusahaan tidak menepati janji bonus, upline tidak memberi bimningan secara maksimal pada bawahannya, serta menjanjikan ekspetasi yang berlebihan sehingga saat downline menjalani bisnis ini, mereka merasa tidak sesuai harapan lalu berhenti. Jadi untuk sukses memperluas jaringan bisnis MLM anda, hindarilah kekeliruan-kekeliruan tersebut. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait