Apa Untung Ruginya Menyewa Tempat Usaha?

Bagi sebagian besar entrepreneur, tempat usaha merupakan salah satu modal yang diperlukan dalam melaksanakan rutinitas usahanya. Tempat usaha ada beragam jenis, misalnya berupa ruko kecil, garasi, gedung pencakar langit, ataupun hanya berupa sebidang tanah kosong, semuanya tergantung jenis usaha yang dijalankan. Secara umum, ada dua opsi untuk mendapatkan hak penggunaan tempat usaha, yaitu dengan cara membeli atau menyewa. Bagi para pengusaha yang bermodal cetak (kecil), maka opsi menyewa merupakan pilihan yang bijak.

Sedangkan jika punya dana lebih, maka pilihan membeli tempat usaha bisa menjadi strategi bisnis yang baik. Jika anda masih bingung antara rencana membeli atau menyewa tempat usaha, maka anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu plus minusnya menyewa tempat usaha, seperti yang diuraikan di bawah ini:

Kerugian Menyewa Tempat Usaha
1. Hak Penggunaan Terbatas
Biasanya dalam penyewaan tempat usaha ada beberapa perjanjian yang membatasi penyewa untuk mengeksplorasi dan mempermak tempat usaha yang disewa sesuai dengan keinginannya. Harus mendapat izin terlebih dahulu dari sang pemilik. Sementara jika ingin menambah bangunan baru biasanya menjadi beban penyewa, dan jika masa kontrak habis, bangunan tersebut jadi milik pemberi sewa.

2. Tidak Akan Menikmati Kenaikan Nilai Investasi
Nilai tanah dan bangunan selalu naik tiap tahunnya. Dengan sistem sewa, maka kita tidak akan menikmati kenaikan nilai investasi properti tersebut.

3. Dibayang-bayangi Kenaikan Biaya Sewa Tiap Tahunnya
Saat tempat usaha yang kita sewa mulai berkembang dan ramai, tentu banyak orang yang mengincarnya, sehingga secara tidak langsung akan menaikkan nilai sewanya. Dan ketika masa kontrak penyewaan berakhir maka biaya sewa menjadi berlipat dan memberatkan.

4. Resiko Kehilangan Tempat Usaha Lebih Besar
Sistem sewa tentu membuat  kita tidak memiliki hak penuh. Terkadang disaat kita ingin memperpanjang kontrak sewa, sang pemilik justru tidak bersedia karena alasan tertentu, misalnya akan digunakan sendiri atau disewakan ke pihak lain yang berani memberi uang sewa lebih banyak. Hal ini tentu menjadi kerugian kita.

5. Terikat dalam Perjanjian Tertentu
Menyewa tempat usaha tentu didasari oleh suatu kesepakatan bersama. Kesepakatan tersebut tentunya harus saling menguntungkan. Namun, tak jarang kita harus menerima perjanjian sewa yang agak memberatkan kita sebagai penyewa. Butir-butir perjanjian yang kurang menguntungkan untuk kita merupakan salah satu kelemahan opsi sewa tempat.

Keuntungan Menyewa Tempat Usaha
1. Menghemat Modal Usaha
Pilihan membeli tempat usaha tentu harus mengeluarkan modal yang lebih besar dari pada menyewa, bahkan dana yang harus dikeluarkan bisa lebih dari 1000 kali lipat. Nah dengan sistem sewa, maka modal usaha yang tersedia dapat lebih dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja bisnis yang dilakoni.

2. Dapat Lebih Mudah Pindah Tempat
Terkadang kita menyadari bahwa tempat usaha yang telah kita pilih ternyata kurang cocok atau profitable, sehingga kita harus mencari lokasi usaha yang lebih menjanjikan. Dengan sistem sewa, maka kita lebih fleksibel untuk berpindah-pindah memilih tempat usaha yang paling menguntungkan.

3. Biaya Pemeliharaan Lebih Murah
Biaya renovasi dan pemeliharaan biasanya dibebankan kepada pemilik tempat usaha yang kita sewa. Dengan demikian kita dapat lebih menghemat anggaran perbaikan tempat usaha.

4. Lebih Gampang  Memproyeksi Perencanaan Anggaran
Dengan nilai kontrak sewa tertentu, maka kita sebagai penyewa dapat mengetahui seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan dan memproyeksi seberapa banyak keuntungan atau kerugian bisnis dalam jangka pendek.

5. Resiko Lebih Kecil
Resiko kerugian ini terkait dengan kerusakan bangunan tempat usaha yang kita sewa akibat bencana alam dan kejadian tak terduga lainnya. Jika banguan tempat usaha yang kita sewa hancur karena gempa bumi, maka kerugian bangunan tersebut diderita oleh sang pemilik gedung. Oleh karena itu, para pemberi sewa biasanya mengasuransikan bangunannya untuk meminimalkan ancaman kerugian tersebut. Dan hal ini membuat kita sebagai penyewa memiliki potensi resiko kerugian yang lebih kecil.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait