8 Cara Menggali Ide Usaha

CONTOH IDE USAHA
Banyak orang yang sukses mendapatkan rejeki melimpah berkat sebuah ide atau gagasan cerdasnya memanfaatkan suatu peluang usaha. Memang tak dapat dipungkiri, bahwa kerja keras takkan mungkin cukup mengantarkan seseorang menuju puncak keberhasilan. Harus ada ide-ide inovatif yang membuat kerja dan usahanya menjadi lebih bernilai. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membangun sebuah konsep bisnis, maka mencari, menggali dan mengeksplorasi ide-ide usaha sangatlah diperlukan. Ada beragam cara, media, dan tempat untuk menggali sebuah celah usaha yang profitable. Dan berikut ini adalah 8 cara untuk menggali ide-ide usaha yang cocok dengan diri anda:

1. Manfaatkan Internet dan Media Elektronik Lainnya
Di era sekarang, internet, radio, dan televisi merupakan jalur terbaik dalam memperoleh informasi, termasuk info tantang membangun bisnis. Namun internet lebih fleksibel, karena bisa anda eksplorasi kapan saja. Coba anda cari di mesin pencari semisal Google tentang "Contoh usaha dengan modal 5 jutaan rupiah", pasti anda akan menjumpai ratusan website yang membahas tentag hal tersebut. Jadi internet merupakan jalan termudah menggali dan menemukan ide-ide usaha yang mungkin belum anda ketahui selama ini.

2. Baca Buku dan Referensi Bisnis
Jika anda masih bingung "harus mau buka usaha apa?" Maka buku, majalah, pamflet, buklet dan koran bisnis bisa menjadi sumber informasi yang dapat membantu anda menciptakan ide-ide bisnis yang bagus.

3. Ikuti Kegiatan Seminar Usaha
Jika buku dan internet belum dapat membantu anda menggali gagasan bisnis yang potensial, maka sesekali coba ikuti seminar-seminar tentang bisnis dan kewirausahaan. Di sana anda akan mendapat ilmu dan mentor yang berpengalaman dalam membangun usaha. Mungkin dengan seminar tersebut, anda akan memperoleh ilham yang baik.

4. Aktif Bergabung di Komunitas Bisnis
Ada banyak komunitas atau organisasi yang mewadahi orang-orang dengan profesi atau kelompok bisnis tertentu, baik offline maupun komunitas online. Jika ada kesempatan cobalah bergabung dengan satu atau beberapa komunitas bisnis. Selain mendapat banyak ilmu, tentu anda akan berpeluang masuk dalam jaringan relasi dan pertemanan para entrepreneur. Mungkin mereka akan membantu anda dalam menggali potensi bisnis yang ada dalam diri anda.

5. Datang ke Pameran Kewirausahaan
Salah satu tempat yang cukup efektif membangkitkan ide-ide bisnis yang ada dalam benak anda adalah pameran kewirausahaan. Berbagai produk baru, bisnis baru, dan job baru sering dipertontonkan dalam sebuah acara pameran. Penyelenggaranya bisa pemerintah maupun swasta. Walaupun anda mesti mengeluarkan beberapa lembar rupiah untuk membeli tiket masuk, namun anda akan mendapatkan pengalaman kewirausahaan secara lebih nyata.

6. Ngobrol dengan Para Pelaku Usaha
Kata pepatah "Pengalaman adalah guru terbaik". Oleh sebab itu, dalam mencari celah usaha yang bagus, cobalah berdiskusi dengan orang-orang yang telah sukses maupun gagal dalam membangun bisnisnya. Biasanya akan selalu datang ilham setelah anda mengetahui pengalaman-pengalaman bisnis mereka secara langsung.

7. Kunjungi Pusat-pusat Bisnis
Selain pameran, lokasi lain yang bagus untuk memperoleh ide usaha adalah di pusat-pusat bisnis. Dengan mengunjungi tempat tersebut anda akan dapat menyaksikan dan belajar banyak mengenai gambaran perputaran roda perekonomian dan bisnis.

8. Mengamati Lingkungan Sekitar (Survey Langsung)
Sebagai amunisi terakhir dalam memecahkan kebuntuan anda menggali ide-ide usaha adalah dengan melakukan pengamatan atau survey langsung ke lingkungan sekitar anda. Perhatikanlah apa saja kebutuhan orang-orang yang bisa menjadi peluang usaha atau amati adakah bahan-bahan atau sumber daya yang tak berguna yang bisa menjadi barang ekonomis. Lihat, pikirkan lalu renungkan! Semoga ada titik terang yang membuat anda menemukan ide usaha yang briliant. Salam kerja & usaha!!!

Artikel Terkait