5 Jenis Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Pekerja Gen-Y

Tinggi rendahnya gaji ditentukan oleh banyak faktor. Masing-masing perusahaan tentu memiliki skema penggajian tersendiri. Orang yang memperoleh gaji tinggi pasti melakoni pekerjaan yang berisiko tinggi atau memiliki tanggung jawab yang besar, atau juga mempunyai keahlian yang langka. Kesempatan mendapatkan gaji tinggi merupakan hak semua orang, termasuk para generasi Y dengan berbagai jenis profesi yang tersedia.

Apa itu Gen Y? Dan pekerjaan apa saja yang memberikan potensi gaji yang besar terhadap generasi Y? Inilah sekilas gambarannya yang dikutip dari data PayScale.com!

angkatan kerja generasi gen y

Generasi Gen Y adalah sebuah istilah yang dicetuskan oleh William Strauss dan Neil Howe dalam bukunya "The History of America's Future". Generasi Gen Y merupakan tipe pekerja yang menuntut fleksibelitas dan memiliki karakter mobilitas tinggi. Para Generasi Gen Y tidak akan pernah lepas dari penggunaan perangkat teknologi informasi, seperti ponsel, laptop, smart glass, iwatch dan produk teknologi lainnya dalam membantu menyelesaikan pekerjaannya. Banyak ahli yang sepakat menyimpulkan bahwa Generasi Gen Y adalah orang-orang yang lahir di atas tahun 1980. Jadi bila anda lahir di tahun 1983, maka anda termasuk golongan generasi Gen Y, asalkan anda bukan orang yang gaptek!

Lalu apa saja bidang pekerjaan yang menawarkan kompensasi gaji tinggi kepada para generasi Gen Y? Berdasarkan hasil risetnya, PayScale(dot)com telah menyusun daftar pekerjaan yang menjanjikan salary besar kepada para pekerja Gen Y, dan berikut adalah 5 besarnya:

1. Petroleum Engineer
Generasi Gen Y yang memiliki keahlian dalam teknisi perminyakan berpeluang besar mendapatkan gaji besar. Para perusahaan di negara-negara barat berani memberikan penghasilan rata-rata sekitar $98.100. Lulusan tingkat sarjana (insinyur) paling dibutuhkan.

2. Senior Software Engineer
Generasi Y (young) yang ahli dalam teknisi software juga berpeluang menghasilkan banyak uang. Para software engineer atau insinyur perangkat lunak bertugas mengembangkan dan merawat rangkaian software yang diaplikasikan oleh perusahaan tempat ia bekerja. Jika anda memiliki sertifikat setara sarjana dan punya pengalaman kerja minimal 5 tahun, maka pendapatan sebesar $80.600 atau sekitar 800jutaan rupiah bisa anda bawa pulang tiap tahunnya.

3. Account Director
Seorang account director pada sebuah perusahaan di kawasan negara barat dapat mengumpulkan penghasilan sebesar 750jutaan rupiah tiap tahunnya. Account Director adalah personil yang bertugas mengatur (manage) dan menjalin relasi dengan client-client perusahaan. Posisi senior biasanya dijabat oleh karywan yang telah berpengalaman minimal 6 tahun kerja.

4. IT Program Manager
Di posisi ke empat adalah Manager di bidang program informasi dan teknologi. Median Annual Salary-nya sekitar $75.100. Generasi Y yang menduduki posisi ini berkewajiban memastikan kinerja teknologi yang dipakai dan diterapkan di perusahaan dapat berjalan secara optimal. Dibutuhkan pengalaman kerja 4 tahun dan ijazah sarjana untuk menjabat profesi ini.

5. Sales Director
Di urutan paling buncit dalam lima besar adalah profesi sebagai Sales Director yang bertugas mengatur strategi marketing, mencari asosiasi, dan meningkatkan omzet penjualan. Jumlah pendapatan yang bisa diperoleh dalam hitungan tahunan adalah sebesar $74.600. Untuk mencapai posisi ini, para generasi Y wajib memiliki kualifikasi setingkat sarjana dan work experiences selama 4 tahun.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait