Suka Modif Otomotif? Buka Usaha Sarung Jok Motor Saja!

Jumlah kepemilikan sepeda motor di Indonesia semakin bertambah banyak. Hal ini tidak terlepas dari proses kepemilikan yang makin mudah yang ditawarkan oleh daeler-daeler motor, baik secara cash maupun kredit. Tak jarang dalam satu rumah tangga terdapat dua atau lebih jumlah sepeda motor yang dimiliki. Bahkan bagi pelajar SMA dan mahasiswa, motor merupakan moda transportasi utama yang cukup vital bagi mobilitas mereka. Peluang usaha yang terkait dengan sepeda motor ternyata cukup prospektif. Jika anda senang dan terampil dalam memodifikasi kendaraan, maka usaha jasa sarung jok motor cukup potensial hingga saat ini.

usaha sarung jok motor

Setiap barang tentu memiliki batas usia pemakaian tertentu. Demikian juga dengan kulit/sarung jok motor. Ketika memasuki masa lima tahun, sarung jok motor biasanya mulai terlihat kusam, pecah-pecah, dan terkadang terdapat sobekan-sobekan kecil, apalagi jika sang pemilik motor jarang merawat jok motornya. Maka tentu harus diganti dengan kulit jok motor yang baru. Namun untuk memasang sarung jok tersebut tidaklah gampang. Diperlukan beberapa peralatan khusus dan keterampilan yang cakap agar terlihat tetap rapi. Oleh karena itu, para pelaku usaha jasa sarung jok motor adalah tempat utama yang dituju para pemilik sepeda motor.

Jika di era tahun 90an, penggantian sarung jok motor hanya dilakukan ketika kulit jok motor telah terlihat rusak, namun di zaman sekarang gonta-ganti sarung jok motor dapat dikatakan sebagai salah satu bagian dari style penampilan fisik motor. Prinsip ini ternyata banyak diadopsi oleh para kaula muda. Berlatar belakang hal tersebutlah, maka bisnis jasa penjualan dan pemasangan sarung jok motor menjadi peluang usaha yang bagus untuk ditekuni. Bagaimanakah memulai usaha sarung jok motor tersebut?

Dalam memulai wirausaha ini, diperlukan tempat yang strategis atau paling tidak mudah dijangkau oleh sepeda motor. Dengan ukuran ruang 3m x 3m, usaha ini sudah dapat dilakoni. Tentu diperlukan juga halaman parkir yang cukup. Sementara peralatan dan bahan yang diperlukan antara lain lembaran sarung jok motor, steples besar, pisau potong, obeng, paku kecil, gunting dan mesin jahit sebagai sarana jika kita memodifikasi sendiri lembaran jok tersebut. Harga satu lembar sarung jok motor yang siap pasang berbeda-beda, tergantung kualitas dan model kulit jok tersebut. Harga pokok sarung jok motor mulai dari 30ribuan rupiah hingga di atas 100 ribu rupiah. Sementara jika anda membeli sarung jok motor dalam bentuk lembaran besar maka harganya tentu lebih murah tiap meternya, namun anda harus memotong dan membuat polanya sendiri dengan mesin jahit. Semuanya tergantung keterampilan yang anda kuasai. Sebagai bahan tambahan, jangan lupa menyediakan busa jok motor. Dalam mempromosikan usaha jasa pemasangan dan penjualan sarung jok motor biasanya dilakukan dari mulut ke mulut. Yang terpenting adalah hasil kerja yang berkualitas dengan penetapan tarif yang wajar. Jika hal tersebut anda lakukan, niscaya bisnis anda akan lancar jaya. Demikan sekilas gambaran tentang wirausaha sarung jok motor, salam kerja & usaha!!!

Artikel Terkait