Saat yang Tepat Menaikkan Gaji Karyawan

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2013 ini sebagian besar harga barang mulai merangkak naik. Hal ini tentu tidak terlepas dari akibat kenaikan harga BBM. Sehingga dampak utama yang ditimbulkan adalah peningkatan biaya kebutuhan hidup sehari-hari. Nah, menyadari hal tersebut, anda sebagai seorang entrepreneur (Si Boss) yang memiliki sejumlah karyawan tentu sempat terlintas di dalam pikiran tentang kesejahteraan para pekerja Anda dalam menghadapi situasi tersebut. Mau tidak mau anda sebagai pemilik usaha perlu memikirkan kondisi finansial perusahaan dan pendapatan para pekerja anda.

Mungkin memberikan penambahan gaji untuk karyawan bisa menjadi alternatif supaya mereka bisa bekerja loyal, lebih tenang dan juga lebih fokus dalam membesarkan perusahaan anda.

hitung uang gajiKenaikan gaji adalah suatu hal yang sensitif, entah untuk pemilik usaha dan juga pekerja yang bernaung di bawahnya. Pertimbangan dalam peningkatan gaji dapat diupayakan dengan catatan pemilik usaha dapat memelihara efisiensi usaha serta menjaga keuangan agar tetap stabil dan perusahaan tetap berjalan dengan baik.

Pada dasarnya kenaikan bahan bakar minyak bukan menjadi satu-satunya pemicu untuk menaikkan gaji karyawan. Ada beragam faktor yang menjadi landasan untuk meningkatkan pendapatan para pekerja anda. Dengan adanya kenaikan gaji untuk karyawan, diharapkan mereka akan lebih setia dan dapat berdampak positif bagi perusahaan anda. Ingatlah selalu bahwa jika tidak ada karyawan maka perusahaan juga tidak dapat melaju ke depan. Lalu kapan waktu yang tepat menaikkan gaji para pekerja anda? Berikut ini adalah saat-saat yang tepat menaikkan gaji karyawan anda:

1. Ketika Karyawan Anda Mencapai Prestasi Kerja yang Bagus
Kenaikan gaji dapat dilakukan saat salah satu atau beberapa karyawan anda mampu menghasilkan kinerja yang menguntungkan buat perusahaan. Ketika anda menaikkan pangkat atau jabatan karyawan anda, maka tingkatan gaji juga harus disesuaikan. Pemberian gaji yang lebih atau bonus lain akan menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja antar karyawan.

2. Perusahaan Memperoleh Profit yang Melebihi Ekspetasi
Di saat perusahan anda mengerjakan sebuh proyek dan karyawan anda, dapat menyelesaikannya dengan melebihi ekspektasi klien, maka anda perlu mempertimbangkan kenaikan gaji, agar karyawan menjadi lebih giat. Pada saat perusahaan mendapat keuntungan tersebut, anda sebagai pemilik wajib berbagi, salah satunya tentu dengan menaikkan gaji para pekerja, sebab tanpa jerih payah mereka anda tidak akan mendapat untung yang melimpah.

3. Mempertahankan Karyawan Anda
Karyawan yang handal adalah salah satu aset perusahaan yang wajib dipertahankan. Ketika anda memiliki tim kerja yang berkualitas, maka perhatikan kesejahteraannya. Jangan sampai karyawan anda dibajak perusahaan lain yang mampu memberinya gajih yang lebih besar. Untuk alasan tersebut, anda wajib menaikkan penghasilannya.

4. Mengikuti Peraturan Pemerintah
Dari tahun ke tahun, dengan berbagai macam kajian, pemerintah baik pusat maupun daerah, biasanya menerbitkan aturan upah yang tepat untuk para tenaga kerja agar bisa hidup layak.  Ketika pemerintah mengeluarkan udang-undang tentang standar gaji pekerja maka anda sebagai pimpinan/pemilik perusahaan wajib mengikuti peraturan tersebut, selama keuangan perusahaan anda memungkinkan. Hal ini bertujuan menciptakan harmonisasi antara perusahaan anda dengan para pekerja. Selain itu akan membuat citra positif terhadap perusahan anda, baik di mata pemerintah, masyarakat maupun sesama para pebisnis.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait