Kiat Pemasaran Bisnis yang Efektif dan Disukai Pelanggan

Semakin hari ternyata semakin pesat saja pertumbuhan bisnis di Indonesia. Hal ini memaksa sebagian besar pelaku usaha untuk lebih meningkatkan kreatifitas dan selalu inovatif agar terciptanya strategi pemasaran yang unik dan spesifik, sehingga mampu menarik dan bersaing di pasaran. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha sebaiknya memperhatikan kiat pemasaran yang disukai pelanggan, sehingga bisnis yang telah anda jalankan tidak tenggelam di tengah ketatnya kompetisi usaha.

Berikut ini adalah 4 tips agar pemasaran anda mendapat perhatian konsumen sehingga sukses dalam membangun kerajaan bisnis.

1. Mendengar, Memahami, dan Mengerti
kiat pemasaran bisnis
Jika ketiga hal ini anda lakukan terhadap pelanggan anda maka niscaya para konsumen merespon positif bisnis anda. Berikan mereka kesempatan seluas-luasnya untuk mengutarakan keinginannya. Dengarkan apa keinginan atau apa yang menjadi keluhan mereka, lalu pahami kebutuhan mereka. Kemudian anda juga harus mengerti akan apa yang mereka cari dan menganjurkan solusi yang terbaik.

2. Menjalin Komunikasi yang Efektif
Dengan adanya komunikasi yang baik, maka akan mempermudah anda untuk mendapatkan para konsumen. Komunikasi pemasaran yang baik, unik dan menarik pasti akan meningkatkan minat para konsumen, untuk memakai produk atau jasa anda.

3. Meminta Bantuan Rekomendasi Pelanggan Setia
Pengakuan kepuasan dari pelanggan akan mempermudah anda untuk meyakinkan calon konsumen yang lain, karena biasanya calon konsumen akan lebih mudah percaya pada suatu produk/jasa yang direkomendasikan oleh teman atau kerabatnya. Jadi, setelah anda sukses menjalin komunikasi yang baik, maka mintalah bantuan pelanggan anda untuk ikut mengkampanyekan produk bisnis anda.

4. Mengikuti dan Memanfaatkan Perkembangan Teknologi Terkini
Sebagai pelaku pasar, anda harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Mungin sudah agak kurang efektif lagi di era sekarang menggunakan banyak seles dalam memasarkan produk, karena cenderung lebih lambat. Untuk itu, anda bisa mengunakan bantuan teknologi sekarang, misalnya menggunakan media online/website untuk mempermudah mengenalkan produk anda, atau bisa juga menggunakan facebook/twitter hingga dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Demikianlah sekilas tips-tips dalam membangun pemasaran produk yang efektif. Semoga dapat sedikit menyalakan sinar inspirasi usaha anda. Salam kerja & usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait