Bisnis Kuliner Ikan Bandeng Presto

Sekarang ini telah banyak orang menyadari bahwa mengonsumsi ikan sangat baik manfaatnya, khususnya untuk memenuhi nutrisi. Memang dulu hanya orang-orang yang tinggal di pesisir pantai saja yang menyukai ikan, tetapi sekarang hampir semua orang mulai gemar memakan ikan. Jadi peluang usaha pada pengolahan kuliner ikan cukup menjanjikan saat ini. 

Salah satu jenis kuliner sebagai peluang bisnis yang menarik adalah pengolahan ikan bandeng presto. 
Peluang usaha pengolahan ikan bandeng dalam bentuk presto merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan nilai jual ikan tersebut. Hal ini disebabkan karena ikan bandeng tidak tahan lama sebagaimana ikan lainnya. Selain itu, banyaknya duri yang terdapat dalam daging bandeng membuat ikan ini kurang digemari pecinta ikan. Oleh sebab itu, perlu diolah dalam bentuk presto (cepat saji) supaya ikan bandeng menjadi lebih lunak dan tidak sulit dimakan.

Untuk bahan baku, anda harus memastikan kalau ikan bandeng tersedia di daerah anda atau paling tidak terdapat suplier tetap untuk menghindari terjadinya kelangkaan ikan bandeng, sehingga bisnis kuliner anda tidak macet. Berikut ini merupakan cara memilih ikan bandeng untuk presto:
  • Ikan bandeng terlihat masih segar,yang masih memiliki bau anyir kas ikan/tidak busuk
  • Terdapat sisik yang masih utuh dan tidak terkelupas serta masih menempel kuat dan tertutup lendir bening.
  • Insang berwarna merah segar cemerlang dan tidak bau.
  • Memiliki kulit yang cerah, kontras dan tidak pudar.
  • Daging masih elastis. Bila ditekan akan kembali ke bentuk semula.
  • Punggung ikan bandeng berwarna hitam, bibirnya kemerahan.

mesin presto
Peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis kuliner ikan bandeng presto, tergantung besar kecilnya usaha. Kalau usaha skala kecil, anda hanya membutuhkan panci presto saja bersama kompor, tapi bila berskala menengah ke atas maka sebaiknya menggunakan mesin presto dengan harga sekitar 3 jutaan rupiah. Bumbu yang digunakan untuk membuat bandeng presto terdiri dari: bawang merah, bawang putih, ketumbar,kemiri, kunyit, garam dan penyedap rasa secukupnya. Bumbu disesuaikan dengan banyak sedikitnya ikan presto yang anda buat. Anda juga bisa menambahkan penyedap alami seperti jahe,laos,sereh atau daun jeruk purut.

Cara membuat ikan bandeng presto:
  • Bersihkan ikan bagian perutnya,biarkan sisiknya agar saat dipresto ikan tidak hancur.
  • Taruh ikan di cutingboard, pegang ikan ke arah kepala sebelah kiri dan punggung bawah. Potong melintang, pastikan potong hingga kena tulang. Belah punggung hingga kepala bandeng, kemudian haluskan bumbu. Masukkan bumbu ke dalam ikan yang sudah dibelah, lumuri ikan hingga tertutup bumbu.
  • Letakkan ikan yang sudah diberi bumbu ke dalam loyang dan susun secara berselang-seling atau ekor kepala - kepala ekor.
  • Siapkan mesin presto, isi air kira-kira dua cm dibawah loyang dasar dan tambahkan penyedap alaminya.
  • Susun loyang yang sudah berisi ikan, dengan pembatas bambu.
  • Masak sampai 2-3 jam atau sampai durinya terasa lunak.
  • Ikan yang telah matang harus sesegera mungkin kita dinginkan dengan menyimpannya ke wadah yang diberi es, pastikan agar tidak kontak langsung dengan es.

Masukkan ikan ke dalam plastik, lalu kita vacum. Sesudah dingin baru dimasukkan ke lemari pendingin. Dengan begitu ikan akan lebih awet dan tahan lama serta sewaktu-waktu siap disajikan dengan olahan bumbu. Selamat berwirausaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait