Beragam Celah Usaha di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, dari tahun ke tahun penyambutan untuk bulan suci Ramadhan dengan puncak rangkaian hari raya Idul Fitri nampaknya hampir sama, yakni selalu disambut dengan suka cita dan identik dengan yang baru-baru, seperti baju baru, sepatu, mukena, peralatan sholat dan yang paling penting tentu hati yang baru (fitrah).

Selain itu, berbagai macam makanan dan kue kecil pun marak mewarnai hari-hari Ramadhan, dan ini bisa jadi peluang usaha untuk anda. Berikut ini beberapa jenis usaha yang prospektif di bulan Ramadhan

1. Usaha Kuliner & Minuman
Saat masa puasa, kebiasaan atau rutinitas makan kaum muslimin akan mengalami perubahan, yakni menjelang pagi dan setelah sore. Saat berbuka puasa pada sore hari, umat Islam biasanya memilih menyantap makanan ringan atau minuman yang manis terlebih dulu sebelum mengonsumsi makanan utama. Hal ini tentu menjadi celah usaha yang cukup potensial, dimana usaha yang dijalani tersebut berperan untuk menyokong kebutuhan masyarakat terhadap jenis kuliner atau minuman pembuka puasa. Es kolak pisang, bubur kacang ijo, es kelapa, sosis, es blewah, nata de coco, dan cendol merupakan beberapa contoh kuliner dan minuman yang diburu saat bulan Ramadhan. Silahkan lihat contoh beragam jenis usaha minuman di sini!

2. Usaha Parcel
Jenis usaha ini akan mengalami peningkatan omzet saat menjelang akhir-akhir Ramadhan. Saling memberi maaf dengan tambahan sebuah bingkisan merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut Lebaran. Parcel yang umumnya laku adalah parcel kue kering dengan label kartu ucapan selamat Idul Fitri. Jika anda tertarik dengan bisnis ini, cobalah membuat bingkisan yang diisi dengan aneka bentuk kue yang unik, misalnya berbentuk bedug, ketupat, bulan, dan sebagainya. Anda bisa cermati gambaran singkat bisnis parcel di sini!

3. Bisnis Fashion
Bisnis ini dapat dikatakan sebagai celah usaha yang paling profitable saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Beragam baju gamis sangat laris manis pada masa bulan ibadah ini. Jika anda terjun ke bisnis fashion, cobalah untuk menyediakan baju muslim tunik, blus bordir, gamis bahan sifon, gamis bahan shatung, dan abaya. Anda juga bisa menjual baju koko anak, baju koko dewasa, sarung dan lain-lain. Jangan pula lupa menyediakan mukena yang trend seperti mukena klasik (semi-sutra, bordir, katun jepang) dan mukena motif. Untuk kerudung/jilbab yang banyak diminati misalnya jilbab payet paris, jilbab sambung bahan spandex dan jilbab bordir semi sutra. Sebaiknya anda aktif melakukan promosi ke kelompok-kelompok pengajian, pesantren, dan lainnya. Silakan anda baca tips berbisnis baju gamis di link ini!

4. Rental Kendaraan
Para pengusaha rental kendaraan, baik mobil atau pun motor biasanya juga panen raya saat menjelang Lebaran. Hal ini tidak terlepas karena budaya orang Indonesia yang melakukan kegiatan pulang kampung (mudik) atau bersilahturahmi ke rumah-rumah sanak keluarga. Orang-orang yang tidak memiliki motor atau mobil tentu akan melakukan penyewaan sebagai solusi terhadap kebutuhan mobilitas mereka.

5. Agen Tiket
Bisnis yang juga cukup menjanjikan saat masa Ramadhan adalah menjadi agen atau menjual tiket. Tradisi mudik menjadikan bisnis keagenan ini mendatangkan laba yang melimpah saat menjelang puncak hari raya. Anda bisa memilih untuk menjual atau menjadi agen tiket bus, kereta api, kapal laut, hingga pesawat udara. Anda bisa lihat uraian cara menjadi agen tiket pesawat terbang di sini!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait