Agar Jualan Cepat Laku

Berbicara tentang kegiatan penjualan memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, tiap orang pasti bisa melakoninya. Tetapi, untuk membuat produk yang ditawarkan tersebut laris atau paling tidak memenuhi target marketing, maka tidak semua orang dapat melakukannya. Meskipun terdapat dua pihak yang sama-sama menawarkan produk tertentu pada tempat pemasaran yang sama, belum tentu akan terjual atau laku pada jumlah yang serupa. 

Seperti yang telah kita sadari, kegiatan berjualan itu ternyata gampang-gampang susah. Setiap tim marketing ataupun individu penjualan tentu memiliki strategi dan trik tersendiri agar mencapai ekspektasi. Jika tidak, maka aktivitas penjualan bisa menjadi pekerjaan yang tidak menyenangkan dan sulit dijalani. Ada beragam faktor penting yang mempengaruhi sebuah kegiatan penjualan bisa mencapai hasil yang maksimal, antara lain:
laris terjual

1. Perlunya Beramah Tamah
Seperti prinsip 4S, yaitu senyum, salam, sapa dan sigap merupakan tahap awal yang harus kita lakukan terhadap pelanggan, karena dengan 4S tersebut akan menciptakan suana yang menyenangkan, sehingga para pelanggan pun menjadi betah. Hal ini tentunya membantu kita menjaga dan memastikan standar pelayanan yang baik.

2. Keunikan Produk yang Dijajakan
Selain kualitas produk yang bagus, kita juga perlu menciptakan atau menjual produk yang unik, Hal ini bertujuan agar produk kita mudah diingat oleh para calon konsumen serta dapat disebarluaskan dari mulut ke mulut. Contoh sederhananya adalah menciptakan merek yang unik atau pun bisa mencari inovasi baru yang belum digunakan oleh pihak lain.

3. Jenis Produk
Memang benar, kalau jenis produk memang jadi pertimbangan bagi para calon konsumen, Jelas hal ini tentu menjadi faktor penting dalam mempengaruhi cepat atau tidaknya poduk terjual dipasaran, Untuk itu kita harus benar-benar pastikan kalau produk yang kita punya memang bermanfaat dan bisa dipercaya.

4. Harga Produk
Pahamilah terlebih dulu teori penetapan harga produk untuk memudahkan dalam menentukan harga penjualan. Menjual barang dengan harga terlalu rendah ataupun terlalu tinggi akan berdampak tidak baik bagi penjualan (kelangsungan bisnis).

5. Memberikan Informasi yang Jelas
Dalam dunia maya, perdagangan ini harus menyediakan informasi yang mendetail. Di dalam dunia online, penjual dan pembeli tidak bertemu langsung. Oleh sebab itu sangat penting bila penjual menginformasikan produknya secara jelas dan juga lengkap,seperti menunjukkan gambar  produk yang jelas dan deskripsi yang lengkap serta sesuai dengan produk yang terkait. Dalam dunia nyata pun informasi terperinci tersebut dapat menjadi salah satu kunci laku atau tidaknya produk yang ditawarkan.

6. Menyesuaikan Tempat Penjualan
Faktor yang satu ini juga tidak kalah pentingnya untuk mempengaruhi agar penjualan terlaksana/cepat laku. Penyesuaian tempat penjualan meliputi kestrategisan lokasi, kemudahan akses lokasi, dan kenyamanan tempat penjualan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait