Usaha Jasa Hiburan Odong-odong

Mungkin anda pernah menyaksikan sebuah sepeda modifikasi yang mirip seperti becak dengan hiasan mainan anak-anak yang sedang nangkring di pinggir jalan. Ya, itu adalah Odong-odong. Kata odong-odong awalnya tertuju pada kereta tua yang berfungsi sebagai alat angkut barang. Kemudian istilah tersebut diadopsi pada sepeda tua yang dimodifikasi untuk tujuan hiburan anak-anak.

Usaha jasa odong-odong sering dipandang sebagai usaha bagi orang-orang kelas bawah. Namun ternyata hasil diperoleh cukup menjanjikan, bahkan bisa menyamai pekerja kantoran. Dengan tarif sekali naik sekitar 1.000 - 2.000 rupiah per anak untuk 5 menit, para pelaku usaha odong-odong dapat meraih omzet 150.000 - 250.000 rupiah per hari, sehingga dalam satu bulan dapat memperoleh penghasilan sekitar 4,5 - 7,5 juta rupiah. Cukup besar bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Bagaimana memulai usaha odong-odong?
Yang pertama dilakukan adalah harus memiliki minimal satu buah odong-odong. Harga sebuah odong-odong cukup bervariasi, antara 3 jutaan hingga di atas 6 jutaan rupiah, tergantung ukuran dan jenis mesin dipakai (otomatis atau dikayuh manual). Odong-odong yang bagus adalah dibalut warna-warna yang cerah, dihiasi aneka mainan, dan dilengkapi fasilitas pemutar musik lagu anak-anak, sehingga dapat lebih menarik perhatian. Bila ingin menjadi juragan odong-odong maka dibutuhkan beberapa unit odong-odong dan tenaga kerja dengan cara bagi hasil atau setoran per hari.

Hal kedua yang sebaiknya dilakukan adalah mengamati pangsa pasar. Market utama usaha jasa hiburan ini adalah anak-anak yang berusia 7 tahun ke bawah. Oleh sebab itu, carilah lokasi atau rute dimana terdapat kumpulan anak-anak. Usaha jasa ini memerlukan daerah pemasaran yang luas, sehingga rute dan lokasi yang dituju berbeda-beda tiap harinya.

Poin ketiga yang wajib diperhatikan adalah bagaimana kiat-kiat agar mampu mendapatkan pelanggan yang setia sekaligus meningkatkan omzet pendapatan. Berikan layanan yang memuaskan, baik kepada anak-anak maupun orang tuanya. Jadilah orang ramah, akrab dan disukai anak-anak. Lakukan kegiatan usaha tersebut secara profesional sehingga para orang tua percaya dengan keselamatan putra-putrinya saat menaiki benda tersebut.

Selain berupaya untuk melengkapi dengan mainan yang variatif, memutar lagu-lagu anak-anak yang edukatif juga merupakan unsur penunjang dalam kesuksesan bisnis jasa hiburan odong-odong. Demikian sekilas tentang usaha odong-odong, semoga memberi inspirasi bisnis anda. Salam sukses!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait