Sedikit Tips Menyusun Rencana Keuangan Bulanan

Membuat rencana pengeluaran bulanan bukan sekedar menyusun sebuah angka, tapi ini merupakan bentuk menghargai kerja keras anda atau kerja keras pasangan anda tercinta. Tentu anda tidak maukan, kalau uang yang anda dapatkan dengan susah payah tidak memberikan suatu nilai bagi kehidupan anda. Apa lagi di jaman sekarang yang semua serba mahal kita harus bisa menyiasati atau mengatur keuangan dengan sebaik mungkin.

Alasan yang terbesar gaji bulanan habis ditengah jalan karena tidak adanya rencana pengeluaran yang sistematis, sehingga pengambilan uang jadi kurang terkendali.

uang kertas rupiah 100ribu
Berikut ini ada beberapa tips sederhana membuat rencana pengeluaran bulanan untuk anda:
Setiap bulannya anda harus membuat perincian pengeluaran yang yang akan dilakukan, susunlah saat penerimaan gaji. Susunannya harus realistis yang menggambarkan pola hidup anda yang sesungguhnya. Anda perlu melakukan review untuk pengeluaran anda selama 2 bulan ke belakang. Dari sini anda pasti akan sadar di mana letak pengeluaran anda, apakah lebih banyak untuk hobi, untuk dapur atau untuk keperluan lainnya.

Langkah selanjutnya anda harus memiliki buku harian yang berisi catatan kebutuhan anda selama sebulan. Jumlahkan pengeluaran lalu bandingkan dengan gaji yang anda dapatkan. Dengan begitu anda bisa membatasi pengeluran yang kurang perlu.

Biasakanlah mencatat barang atau jasa yang telah dibeli. Kadang jika kita terlalu sibuk jadi lupa untuk mencatat barang yang sudah dibeli. Kita baru sadar setelah keuangan menipis lalu hati pasti bertanya kemana uang itu habis, makanya perlu dicatat!


Terakhir, menabung sebagai antisipasi. Jika anda sudah mendapat penghasilan yang mungkin melebihi pengeluran anda, ada baiknya anda menyisihkan/ditabung karena kita tidak hidup untuk hari ini saja tapi masih ada hari esok.

Demikan sekilas tips sederhana kali ini, semoga uraian singkat ini  berguna untuk anda semua. Selamat bergelut di dunia finansial!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait