Pentingnya Memilih Gambar dalam Promosi Bisnis

Dalam pandangan sebagian besar masyarakat, sebuah gambar (foto) dapat mewakili seribu kata. Meskipun gambar yang sederhana, namun ia bisa memiliki kekuatan 10 kali lipat dari pada setumpuk buku untuk mempengaruhi pikiran seseorang. Begitu kuatnya peran sebuah gambar, menjadikannya sering dipakai oleh banyak kalangan, termasuk para pebisnis dalam upayanya meningkatakan omzet dan memperluas jaringan usaha. Bahkan fitur picture menjadi andalan utama bagi beberapa jejaring sosial dalam meraih komunitas yang besar, misalnya Pinterest dan Instagram.

Berbagai riset mengungkapkan bahwa sebuah gambar lebih menstimulus otak manusia daripada deretan tulisan. Oleh sebab itu, dalam mempromosikan brand dan produk, khususnya secara online, para seller lebih mengedepankan pemakaian foto –foto yang atraktif. Lalu, bagaimanakah caranya agar dapat menciptakan dan mengupload gambar-gambar yang efektif dalam pemasaran lewat dunia maya? Silakan perhatikan poin-poin berikut ini.

GAMBAR BISNISMenampilkan Kesan Antusiasme
Dalam memamerkan gambar produk bisnis, hendaknya dipilih foto-foto yang mampu menarik antusias para konsumen. Seperti apa gambar yang memunculkan rasa antusiasme tersebut? Anda bisa membuat foto yang menggambarkan trend terbaru, fitur-fitur terkini pada produk bisnis anda, dan berbagai hal yang menyangkut keunggulan produk barang atau produk jasa dari bisnis yang anda geluti.

Pilih Gambar yang Berkualitas Bagus
Gambar yang bagus adalah gambar yang jelas dan tidak ambigu. Pilihlah gambar yang kepadatan pixelnya besar, objek produk lebih menonjol, dan jika sekali dilihat dapat memberikan kesan fokus pada produk yang ingin diperkenalkan. Dalam menshare di media sosial, deretan gambar sering muncul dalam ukuran thumbnails sehingga jika gambar yang diunggah berkualitas rendah, maka jarang akan diklik pengunjung. Jadi, manfaatkanlah beragam aplikasi pengolah foto untuk membuat gambar yang keren.

Ciptakan Pula Gambar yang Lebih Personal
Manfaatkan sosok diri anda, para personal pada perusahaan anda, dan termasuk tempat atau bangunan perusahaan anda yang akan ditampilkan sebagai model produk bisnis tersebut. Selain itu, ambil foto-foto para konsumen yang telah bergabung memakai produk bisnis anda. Dengan demikian, para calon konsumen baru akan lebih tertarik mencoba merasakan produk (barang/jasa) bisnis anda. Selain itu, ketika konsumen datang ke tempat perusahaan anda (offline) dan menjumpai personal-personal yang mereka lihat pada gambar di internet, maka secara psikologis biasanya dapat memunculkan perasaan dekat/akrab, sehingga dengan sendirinya terbentuk koneksi yang lebih kuat.

Pakai Jasa Fotografer Profesional
Memang sulit rasanya membuat gambar-gambar keren yang efektif dalam promosi, apalagi sangat awam dalam dunia fotografi dan editing gambar. Jadi relakan sedikit modal usaha anda untuk menyewa tenaga profesional yang dapat menciptakan gambar-gambar berkualitas terbaik dan atraktif mempengaruhi konsumen.

Coba Pakai Gambar Bergerak
Semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat jenis format gambar semakin bervariasi. Dalam mempromosikan bisnis anda pada jejaring sosial, coba pakai format gambar-gambar animasi, seperti flash dan gif. Dengan demikian, promosi usaha anda menjadi lebih kuat menarik konsumen baru.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait