Pahami 10 Keinginan Pelanggan

Memiliki jumlah pelanggan yang melimpah adalah tujuan setiap pebisnis. Melalui pelanggan-pelanggan tersebutlah, usaha yang dijalankan akan dapat berputar menghasilkan profit yang diharapkan. Namun untuk membuat calon konsumen atau para pelanggan jatuh hati dan setia dengan produk bisnis yang kita tawarkan merupakan pekerjaan yang besar, apa lagi ditambah dengan strategi para kompetitor yang lebih agresif. Oleh karena itu, mengetahui dan memenuhi apa yang konsumen inginkan adalah langkah awal dalam menggapai kesuksesan tersebut.

keinginan pelanggan

Menurut riset yang dilakukan oleh The Rain Group dengan meneliti  dan mempelajari lebih dari 700 transaksi B2B (business to business), diperoleh simpulan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan seorang konsumen memilih penjual A daripada penjual B atau C dan seterusnya. Pemilihan tersebut karena konsumen meresa terpenuhi keinginannya. Lalu, apa saja keinginan-keinginan konsumen tersebut? Berdasarkan simpulan yang dikutip dari inc.com, inilah 10 hal yang umumnya diinginkan oleh seorang konsumen kepada sang penjual:

1. Sungguh-sungguh Ingin Didengarkan
Konsumen akan merasa senang bila ia diperhatikan dan apa yang diucapkannya sungguh-sungguh didengar dan dipahami oleh sang penjual. Ketika anda telah menjalin komunikasi, maka segalanya adalah tentang si konsumen, bukan lagi tentang diri anda (seller). Artinya, saat itu yang dipikirkan adalah bagaimana memberikan konsumen informasi yang jelas dan memuaskan, bukan berpikir bagaimana untuk membuatnya tertarik dengan produk bisnis anda, karena dengan hal tersebut para konsumen akan beransumsi bahwa anda benar-benar menghargai dirinya, dan tidak semata-mata berusaha menjerat dirinya untuk membeli produk yang ditawarkan. Tindakan ini merupakan sebuah bentuk investasi non-real jangka panjang.

2. Ingin Diberikan Ide, Inspirasi dan Perspektif Baru
Beberapa calon konsumen mendatangi usaha anda karena terjebak dalam masalah dan kebutuhan tertentu yang perlu dibantu. Ketika anda mampu memberikan mereka gagasan baru atau perspektif menarik yang terkait dengan produk bisnis yang anda tawarkan, maka mereka pasti lebih memilih anda.

3. Keinginan Berkolaborasi
Secara sederhana, ketika konsumen berencana untuk membeli sesuatu, mereka menginginkan si penjual bukan hanya semata-mata menjual produknya, tetapi berharap juga si penjual terintegrasi dengan dirinya dalam mencapai kesuksesan dari produk yang dibelinya.

4. Mengerti Apa yang Menjadi Kebutuhan Mereka
Pada poin ini, bukan hanya mengenai solusi antara kebutuhan konsumen dengan produk yang cocok. Namun, konsumen lebih menginginkan apakah produk yang akan dibeli tersebut punya pengaruh lain yang positif, misalnya terhadap kesehariannya, orang-orang di sekitarnya, dan sebagainya. Jika anda mampu menjelaskan hal tersebut, maka daya tarik produk bisnis anda lebih besar.

5. Yakin
Jika si penjual masih ragu dengan produk yang ditawarkannya, lalu bagaimana mungkin para konsumen akan mau memilih produk tersebut. Jadi, para konsumen tertarik dengan seller yang memiliki keyakinan diri bahwa produk yang dijualnya tersebut benar-benar bagus.

6. Mampu Membantu Konsumen Menghindari Kesalahan
Dalam keputusan transaksi suatu bisnis, tentu terdapat berbagai kendala atau pun masalah yang akan mungkin timbul dikemudian hari. Para konsumen menginginkan seller bisa mengedukasi dan membantunya untuk menghindari hal tersebut.

7. Menyusun dan Memberi Solusi yang Menarik
Para pelanggan mengharapkan penjual memiliki keterampilan dasar dalam penjualan yang mampu menghadirkan solusi terbaik untuk diterapkan, sehingga produk yang dibelinya tidak sia-sia.

8. Berhubungan Secara Personal dengan Penjual
Para pelanggan juga menginginkan jalinan ikatan yang baik dengan sang penjual. Kedua pihak harus terdapat rasa saling percaya dan menjaga kepercayaan tersebut.

9. Komunikasi yang Simple
Para pelanggan tidak menyukai penjual yang berputar-putar atau bertele-tele dalam menjelaskan produk, harga, diskon, dan sebagainya, apa lagi diungkapkan dengan tutur yang rumit. Pelanggan menginginkan hal yang praktis, termasuk dalam komunikasi dua arah yang mudah dipahami.

10. Mendapatkan Nilai Produk yang Terbaik
Poin ke 10 ini terkait dengan prinsip ekonomi. Para pelanggan menginginkan apa yang dibelinya tersebut adalah yang terbaik ketimbang di tempat-tempat lain. Artinya apa yang telah dibelinya memang pantas dengan nilai uang yang harus ia keluarkan.

Artikel Terkait