Nyari Duit dengan Usaha Dodol Kulit Pisang

Siapa yang tak kenal dodol? Mungkin di antara anda pernah mencicipi dodol paling populer di Indonesia, yaitu Dodol Garut! Ya..., kue tradisional khas Nusantara ini merupakan panganan manis yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Bahkan banyak wisatawan yang berlibur di Indonesia pulang membawa kue dodol ke negerinya sebagai oleh-oleh untuk sahabat dan familinya. Bahan utama pembuatan kue dodol pada umumnya adalah tepung ketan dengan campuran santan kelapa dan gula merah yang dimasak pada wajan besar sekitar 5 jam.

Namun, tingginya kreativitas masyarakat Indonesia dalam urusan kuliner, menjadikan terciptanya beragam jenis cemilan dodol, seperti dodol durian, dodol nangka, dodol rumput laut, dodol salak, dan lain sebagainya termasuk dodol berbahan kulit buah pisang.

Dodol Kulit Pisang adalah salah satu inovasi panganan semi basah dengan kadar gula tinggi sehingga dapat awet 2-3 bulanan. Keunikan bahan dan cita rasanya menjadikan kegiatan pembuatan dodol berbahan kulit pisang sebagai salah satu alternatif usaha yang cukup potensial mendatangkan penghasilan yang lumayan. Mengapa dikatakan potensial? Hal ini didasari oleh banyaknya orang yang suka dengan kue ini, sementara proses pembuatannya agak lama dan melelahkan sehingga jarang yang mau membuatnya sendiri di rumah, dan pada akhirnya mereka lebih memilih membeli di toko atau warung agar lebih praktis, apa lagi bahan yang unik tentu bikin para konsumen menjadi lebih penasaran untuk membelinya.

Bagaimanakah resep cara membuat kue dodol kulit pisang? Silahkan dibaca uraian berikut!

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Kulit buah pisang 1 kg
  • Buah pisang 1/4 kg
  • Gula merah 1/4 kg
  • Gula pasir 1/2 kg
  • Tepung ketan 1/4 kg
  • Tepung beras atau tepung terigu 1/8 kg
  • Santan kelapa 1000 ml (sekitar 5 gelas)
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air putih secukupnya

Alat-alat yang disiapkan:
Panci perebus, pisau, blender, wajan besar, sodokan (pengaduk dodol), wadah, kompor dan plastik kemasan.

Cara pembuatannya:
Cuci bersih buah pisang yang telah matang, kemudian dikupas untuk mendapatkan kulit dan daging buahnya. Setelah itu, kulit pisang direbus hingga menjadi empuk. Langkah berikutnya adalah menghancurkan (menghaluskan) kulit pisang dan buahnya dengan mesin blender hingga menjadi seperti bubur. Tuangkan adonan bubur tersebut ke dalam wajan dan ditambahkan air putih dengan perbandingan 1:1. Aduk merata. Nyalakan kompor, lalu tuangkan santan kelapa ke dalam adonan, kemudian aduk pelan-pelan hingga mendidih dan berminyak. Jangan lupa tambahkan pula gula dan garam yang telah disiapkan.

Buat adonan tepung ketan dan tepung terigu dengan campuran air putih pada wadah lain. Setelah itu dituangkan ke dalam adonan santan yang telah mendidih. Aduk pelan-pelan selama 5 jam dengan sodokan agar kue dodol menjadi matang dan legit sempurna.

Untuk pengemasan, sebaiknya dodol didinginkan terlebih dahulu, kemudian dipotong-potong sesuai selera dan dibungkus dengan plastik atau kertas kemasan. Demikian sekilas inspirasi usaha pembuatan dodol kulit pisang. Semoga bermanfaat, salam kerja & usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait