Memaksimalkan Daya Marketing Bisnis dengan 10P

Dalam dunia marketing, ada istilah 4P yang merupakan prinsip - prinsip yang wajib diperhatikan dan dimaksimalkan sehingga mampu membuat produk bisnis yang ditawarkan ke konsumen mendapat sambutan yang positif. Kemudian dalam bauran pemasaran (marketing mix), khususnya pada bisnis jasa, istilah tersebut dikembangkan lagi menjadi 8P, yakni meliputi Product, Place, Price, Promotion, Process, Productivity, People, dan Physical Evidence. Nah, kedelapan hal tersebut menjadi poin-poin penting yang diperhatikan oleh para konsumen dalam mempertimbangkan keputusannya membeli atau memakai produk bisnis yang dijajakan.

Agar lebih komplit, Kerjausaha.com menambahkan dua bagian lain sebagai sebuah kesatuan yang wajib anda upayakan semaksimal mungkin agar dapat menarik perhatian konsumen. Inilah rincian penjelasan tentang konsep 10P dalam meningkatkan daya pemasaran untuk menarik perhatian para konsumen:

daya marketing bisnis1. Product
Konsumen menginginkan produk yang dapat memenuhi kebutuhannya. Jadi, dalam menarik konsumen, maka kualitas dan inovasi produk harus benar-benar diperhatikan.

2. Place
Konsumen juga mengharapkan lokasi tempat usaha yang mudah dijangkau. Oleh karena itu, dalam meningkatkan jumlah konsumen, pemilihan lokasi bisnis harus dipertimbangkan.

3. Price
Poin ketiga yang membuat produk anda dipertimbangkan para konsumen adalah masalah harga. Dengan layanan harga yang kompetitif dan masuk akal, maka produk bisnis yang ditawarkan lebih berpeluang untuk laku.

4. Promotion
Promosi merupakan salah satu langkah dalam mendatangkan konsumen. Promosi lewat iklan, pemberian diskon, dan penyelenggaraan event-event atraktif merupakan contoh dalam mempromosikan usaha anda.

5. Process
Hal lain yang juga wajib diperhatikan dalam membuat konsumen tertarik adalah bagaimana menciptakan proses transaksi yang simple, sehingga para konsumen tidak dibebani oleh ketidakpahaman tentang tata aturan pembelian.

6. Productivity
Productivity mengarahkan kepada anda agar mampu membuat pasokan produk yang mencukupi serta berupaya agar produk yang dihasilkan bisa juga membuat konsumen merasa produktif.

7. People
Dalam menajamkan daya pemasaran bisnis anda, pemilihan personil-personil yang tepat dalam melayani konsumen dan menjalankan roda bisnis tersebut juga menjadi kunci keberhasilannya.

8. Physical Evidence
Bukti fisik, seperti gedung usaha, testimonial pelanggan, izin usaha, dan lainnya adalah faktor pendukung yang penting dalam mempengaruhi konsumen.

9. Priority
Tips berikutnya untuk meningkatkan daya marketing adalah menciptakan prioritas dalam melayani pelanggan. Dengan tindakan tersebut, tentu membuat konsumen merasa puas dan berdampak terhadap pemasaran dari mulut ke mulut.

10. Partner
Bagian terakhir yang turut membantu dalam memperluas jangkauan marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis anda adalah partner atau mitra bisnis. Semakin banyak punya partner, maka semakin populer produk yang ditawarkan, dan hal tersebut menjadi daya dobrak yang kuat dalam marketing dan menarik konsumen.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait