5 Tips Agar Bisnis Dipercaya Konsumen

Konsumen adalah tujuan akhir dari semua bisnis. Dengan mendapatkan konsumen yang banyak, maka peluang mendapatkan keuntungan yang melimpah juga semakin terbuka lebar. Namun, untuk mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap produk bisnis yang kita tawarkan bukanlah sesuatu yang mudah, apa lagi banyak kompetitor yang berusaha memberi daya tarik yang berbeda.

Berikut disajikan tips-tips agar para konsumen lebih percaya terhadap bisnis atau produk bisnis yang kita tawarkan:

bisnis kepercayaan konsumen
saladtv.kr
1. Sediakan informasi yang mendetail
Informasi yang mendetail merupakan gerbang utama bagi para konsumen untuk mengetahui dan memahami apa yang bisnis anda tawarkan. Dengan informasi yang lengkap dan memenuhi rasa keingintahuan konsumen, maka dapat memudahkan mereka untuk memutuskan ya atau tidak. Dalam bisnis yang juga dilakukan lewat media internet, informasi yang terperinci tersebut sangatlah penting. Misalnya saja, anda menjual baju online dimana para konsumen tidak bisa mencoba atau menyentuh untuk memastikan bahan produk yang dipakai. Oleh karena itu, deskripsi produk yang jelas dan jujur dapat menjadi jembatan dalam membangun kepercayaan konsumen.

2. Dukung dengan testimonial pelanggan
Testimonial atau kesan-kesan pelanggan merupakan cara lain dalam menambah kepercayaan konsumen. Setiap konsumen yang telah membeli atau menggunakan produk anda diminta untuk memberikan kesan dan pesannya. Testimonial yang ditulis bersama foto-foto pelanggan baik dalam cetakan brosur maupun pada halaman website dapat membuat calon konsumen lebih yakin untuk menjadi salah satu bagian dari mereka yang telah memakai produk bisnis tersebut.

3. Ceritakan sejarah dan staf bisnis anda
Menceritakan latar belakang berdirinya usaha, jumlah staf yang dipekerjakan, visi misi, dan deskripsi tempat usaha anda dapat membuat mereka lebih mengetahui tentang siapa diri anda. Selain itu, hal tersebut juga bisa menumbuhkan keterikatan emosional dari para calon konsumen, sehingga berdampak positif terhadap kredibelitas bisnis anda.

4. Ciptakan kedekatan dan komunikasi dengan konsumen
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat konsumen merasa  dekat dengan diri anda atau usaha anda, misalnya dengan good services, menjalin komunikasi lewat jejaring sosial, dan memberikan hadiah bagi pelanggan loyal. Selain itu, pro aktif menangani keluhan konsumen juga dapat membuat bisnis anda dipandang lebih "trusted".

5. Berikan bukti nyata
Dan poin yang ke lima ini menjadi yang paling penting, karena meskipun anda telah melakukan berbagai upaya namun tanpa bisa dibuktikan secara nyata oleh para konsumen maka semuanya akan sia-sia. Beri bukti apa yang anda ucapkan kepada para konsumen, entah itu mengenai kualitas produk, harga yang ditawarkan, pelayanan yang dijanjikan, dan sebagainya. Dengan memberikan apa yang telah anda janjikan kepada para konsumen, maka tingkat kepercayaan itu akan tumbuh dengan sendirinya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait