5 Manfaat Blog bagi UMKM

Konsumen makin hari makin pintar. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih membuat alur informasi dapat diakses lebih cepat dan mudah. Oleh karena itu, sebagian besar konsumen tak mudah tertipu dengan iklan. Sebelum memutuskan ya atau tidak, mereka akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, termasuk menyusuri di dunia internet.

Para pengusaha yang memiliki bisnis dalam kelas Usaha Mikro Kecil & Menengah mulai tertarik memiliki website sebagai media promosi dan informasi bagi calon konsumen. Namun ketersediaan website bagi para UKM belumlah cukup menarik bagi konsumen karena sifatnya yang hanya satu arah. Isinya biasanya berupa deretan informasi produk dan tata pembelian yang terkadang jarang diupdate.

BLOG UMKM
Konsumen menginginkan suatu media informasi yang mampu membuat ikatan emosional lebih dekat. Selain jejaring sosial, blog merupakan salah satu media yang baik dalam memberi informasi dan menjalin kedekatan dengan konsumen. Inilah lima manfaat blog bagi para pelaku UMKM:

1. Dengan memiliki blog, para pelaku usaha dapat lebih mudah mengkespresikan diri dalam menyampaikan informasi yang mendetail tentang berbagai hal terkait produk bisnis yang ditawarkan perusahaan.

2. Dapat membuat para konsumen lebih dekat dengan perusahaan tersebut melalui ketersediaan halaman komentar dan testimonial. Hal ini tentu dapat membuat calon konsumen baru yang terpengaruh oleh pelanggan lama.

3. Dengan memiliki sebuah blog, para pelaku usaha (UKM) dapat memberikan berbagai edukasi kepada konsumen. Misalnya ketika akan meluncurkan produk baru atau rencana pengembangan produk, perusahaan dapat berbagi informasi melalui blognya sekaligus memancing respon dari para konsumen atau masyarakat luas secara umum, sehingga terjalin komunikasi dua arah.

4. Rasa keyakinan konsumen kepada perusahaan akan lebih dapat terwujud ketika mereka mengunjungi blog tersebut. Apalagi blog yang dimaksud terlihat aktif, baik dalam hal promosi mengadakan event tertentu, menangani project baru, maupun interaksi dengan klien dan konsumen.

5. Blog dapat membantu pengoptimalan pada mesin pencari internet. Blog biasanya berisi ragam informasi (artikel) yang terkait dengan produk-produk bisnis yang ditawarkan para pelaku UKM. Semakin banyak artikel yang dimuat tentu akan membuat peluang kunjungan ke situs usaha semakin besar. Hal ini dapat meningkatkan jumlah calon konsumen dan popularitas produk bisnis yang ditawarkan.

Demikian sekilas lima manfaat blog bagi para pelaku usaha. Oleh karena itu, ketersediaan halaman blog menjadi salah satu prasyarat dalam memperluas jangkauan konsumen.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait