4 Upaya Mendatangkan Konsumen di Awal Bisnis

Jumlah konsumen yang datang ke tempat usaha anda merupakan indikasi sejauh mana bisnis anda akan mengalami kemajuan. Ketika memulai membuka suatu usaha baru, ternyata diperoleh kenyataan bahwa banyak konsumen yang bertransaksi dengan anda. Hal tersebut tentu memberi sinyal positif terhadap bisnis anda, sehingga akan menjadi pemicu untuk melakukan yang lebih baik lagi.

Namun, terkadang hal itu bisa di luar dugaan. Ketika launching usaha atau produk baru, ternyata tidak ada peminat yang datang ke tempat usaha anda, sehingga membuat mental di dalam diri menjadi down. Begitu pentingnya konsumen pertama bagi sebuah bisnis baru, membuat para pelaku usaha menempuh berbagai cara agar bisa mendatangkan banyak konsumen di awal-awal usahanya. Berikut adalah cara-cara mendatangkan konsumen saat memulai sebuah bisnis baru.

1. Memperluas Relasi Bisnis
Ketika memulai usaha baru, relasi bisnis, termasuk keluarga dan sahabat adalah pihak yang turut berperan penting dalam mendatangkan konsumen.  Sebarkanlah berita bahwa anda telah menjalankan sebuah usaha atau meluncurkan produk baru, baik kepada teman, rekan kerja, mitra usaha atau sanak saudara lainnya. Mungkin mereka bisa menjadi pelanggan pertama anda, atau membantu menyebarkan berita tersebut kedapa orang lain.

2. Agresivitas Iklan
Di jaman canggih dan moderen seperti sekarang ini, kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Anda bisa membuat situs, sebuah laman di facebook, atau akun twitter sebagai media iklan di dunia maya. Sementara periklanan offline bisa anda lakukan dengan menyebarkan brosur, memasang iklan di koran, dengan strategi pemasaran word of mouth atau lebih dikenal dari mulut ke mulut. Memang kegiatan advertising memerlukan biaya, namun akan terbayar bila akhirnya konsumen datang melimpah.

3. Lakukan Promosi Diskon
Saat anda akan memulai sebuah usaha jangan berpatokan pada keuntungan yang akan anda dapatkan, tapi bagaimana caranya bisa menarik perhatian si konsumen. Dengan adanya promosi diskon harga konsumen pasti akan lebih tertarik. Hal tersebut akan menjadi peluang bagus buat anda untuk mendapatkan konsumen pertama.

4. Membuat Acara Unik di Awal Launching
Hal lain yang biasanya dilakukan para pelaku usaha dalam mendatangkan konsumen saat memulai usahanya adalah mengadakan event-event tertentu yang menarik kedatangan calon konsumen, misalnya: mengadakan konser musik, door prizes, games berhadiah dan lain sebagainya. Sembari menghibur dan memperkenalkan usaha atau produk bisnis baru, acara tersebut juga bermanfaat untuk mendatangkan pelanggan baru. Jadi buatlah acara yang special.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait