Profesi Gadis Payung, Si Cantik di Lintasan Balap

Cantik dan seksi, itulah salah satu pandangan yang menghiasi arena balap, khususnya di ajang motor racing. Jika Anda pernah menonton balapan motor Superbike atau pun Moto GP, tentu sebelum perlombaan dimulai, anda akan melihat gadis-gadis cantik yang lalu-lalang di lintasan start, sembari membawa payung atau botol minuman. Profesi gadis tersebut disebut dengan Paddock Girl.

Gadis Paddock atau disebut juga Grid Girl, Umbrella Girl adalah sebuah istilah pekerjaan yang dilakoni oleh gadis-gadis muda yang bertugas melindungi para pembalap dari pengaruh cuaca sekaligus juga sebagai media promosi bagi perusahaan-perusahaan  yang mensponsori perlombaan tersebut.

Jika di era tahun 60an, tugas ini dilakukan oleh kekasih atau istri dari sang pembalap, maka pada era berikutnya mulai digunakan jasa tenaga profesional yang disebut dengan Paddock Girl. Kata “Paddock” diambil dari istilah olahraga berkuda yang diartikan sebagai kandang kecil tempat kuda bersiap-siap sebelum perlombaan dimulai. Kemudian setelah motor racing semakin berkembang, maka istilah Paddock tersebut diadopsi dalam ajang balapan tersebut.

Gambar: motogp.com
Dalam ajang balap motor, sebelum perlombaan dimulai, para pembalap biasanya melakukan pemanasan mesin serta para mekanik mengecek kondisi teknis motornya. Sembari menunggu proses ini selesai (sekitar 10-15menit), para pembalap akan dihadapkan dengan gangguan cuaca, seperti panas atau hujan. Agar para pembalap tidak mengalami stress  karena faktor tersebut, maka para sponsor menyewa gadis-gadis cantik yang bertugas mengurangi dampak cuaca tersebut, dengan cara membawa payung, tisu, dan minuman ringan. Dengan kehadiran paddock girl tersebut, para pembalap akan merasa sedikit rileks.

Seperti kata pepatah “Menyelam sambil minuma air”, para sponsor juga memanfaatkan Gadis Sirkuit tersebut untuk mempromosikan merek atau brand usahanya. Untuk memancing mata penonton, para Paddock Girl harus menggunakan pakaian seksi yang berisi logo sponsor. Oleh karena itu, mereka sering disebut Promotion Model. Di beberapa negara, ada istilah lain yang digunakan untuk profesi ini, misalnya Race Queen, Pit Girls, Pit Babe, Racing Model, atau Pretties di Thailand.


Dalam melakoni pekerjaan sebagai Grid Girl, seorang perempuan wajib memenuhi berbagai persyaratan, misalnya berpenampilan menarik, berusia muda, tubuh tidak bertatto, memiliki kemampuan dalam modeling, bersedia mengenakan pakaian minim, tahan terhadap sengatan matahari atau cuaca ekstrim, serta kuat (tidak mudah capek) berdiri dan memegang payung. Berapakah besar penghasilan seorang grid girl? Tergantung tingkat balapannya dan negara tempat sirkuit tersebut. Mereka dibayar per hari dengan jumlah jam kerja sekitar 7 jam.

Di sirkuit Sepang, Malaysia, seorang Grid Girl digaji di atas 250 ringgit atau minimal 700ribuan per hari. Sementara dalam ajang motor racing di Eropa dibayar minimal 140 Euro atau 1,5an juta rupiah per hari. Untuk bekerja pada bidang ini biasanya lewat agency. Mengingat job pada profesi ini hanya berlangsung pada moment tertentu, maka para Grid Girl/Umbrella Girl menganggapnya sebagai pekerjaan sampingan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait