Para Ratu Harta dari Lima Benua

Harta bukan hanya milik kaum pria. Menjadi orang kaya bukan hanya dapat dilakukan oleh para lelaki saja. Meskipun 9 dari 10 besar milyarder terkaya di dunia adalah kaum laki-laki, namun tak sedikit perempuan - perempuan di dunia yang mampu mengumpulkan aset kekayaan triliunan rupiah dari berbagai bisnis yang mereka lakukan. Dari 1.426 orang yang tercatat sebagai milyarder dunia, terdapat 138 wanita yang memiliki kekayaan di atas 1 milyar dolar AS. Dan inilah 5 wanita terkaya di masing-masing benua!

Ratu Benua Eropa
Wanita terkaya di benua Eropa adalah Liliane Bettencourt yang berasal dari Prancis. Wanita yang berusia 90 tahun ini memperoleh kenaikan jumlah pundi-pundi uangnya berkat bisnis di bidang kosmetik yang dijalankan perusahaannya. Brand L'Oreal yang menjadi citra produknya merupakan merek yang sudah banyak dikenal kaum hawa di seluruh dunia. Pada bulan Mei 2013, jumlah hartanya diperkirakan sekitar 30 milyar dolar Amerika dan menempatkan janda ini pada posisi ke 9 orang terkaya di seluruh dunia.

Ratu Benua Amerika
Di benua Amerika terdapat puluhan perempuan yang berkategori tajir, dan ratu terkaya dijabat oleh warga negara Amerika Serikat. Christy Walton mewarisi kekayaan almarhum suaminya yang memiliki saham perusahaan supermarket Walmart, saham di perusahaan panel surya, Arvest Bank, dan di beberapa perusahaan lainnya. Ketika sang suami yang bernama John Walton meninggal akibat kecelakaan pesawat tahun 2005 lalu, Christy mendapatkan aset suaminya yang kini telah berjumlah 28,2 milyar dolar berkat kenaikan saham-saham perusahaan.

Ratu Benua Australia
Wanita terkaya di benua Australia adalah Gina Rinehart. Wanita yang lahir tahun 1954 tersebut memperoleh kekayaan dari warisan ayahnya yang memiliki kerajaan bisnis pertambangan Hancock Prospecting. Tahun 2012 lalu, aset kekayaannya berjumlah lebih dari 18 milyar dolar. Kini ia mulai berinvestasi diberbagai bidang usaha, seperti Fairfax Media dan Ten Network.


Ratu Benua Afrika
Queen of Money dari benua Hitam adalah Folorunsho Alakija yang sebelumnya dipegang oleh Isabel Dos Santos. Wanita yang berumur 62 tahun ini memiliki kekayaan sebesar 600 juta dolar Amerika pada 2012. Bisnis utamanya adalah di bidang pertambangan minyak bumi. Karir Alakija bermula sebagai sekretaris di sebuah bank internasional di negara asalnya, Nigeria. Setelah menyelesaikan studinya di Inggris dalam bidang desainer, ia kemudian mendirikan perusahaan fashion dan selanjutnya pada tahun 1993 ia ikut mendirikan perusahaan minyak. Kini wanita yang memiliki 4 anak tersebut tercatat sebagai orang terkaya nomer 24 di Afrika.

Ratu Benua Asia
Di daratan Asia, posisi wanita terkaya dipegang oleh Savitri Jindal dari negara India. Wanita kelahiran tahun 1950 menjadi pimpinan perusahaan baja OP Jindal Group setelah suaminya meninggal tahun 2005 lalu akibat kecelakaan helikopter. Tahun 2012 lalu, aset harta bersama keluarganya tercatat lebih dari 10 milyar dolar Amerika.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait